IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock pada sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menulis, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Pada Starting 5 edisi lama, Mainbasket sempat membahas lagu-lagu Yerikho Tuasela. Kini, giliran rekan satumnya di Pacific Caesar Surabaya. Ia adalah Indra Muhammad. Indra membagikan lima lagu favoritnya. Kelima-limanya merupakan lagu barat.

End Of The Road-Boyz II Men 

Boyz II Men adalah kelompok musik R&B asal Amerika Serikat. Mereka mulai populer pada 1990-an. Saat itu, Boyz II Men bahkan sukses maju ke dunia internasional bersama musiknya.

Pada 1992, Boyz II Men merilis End Of The Road. Lagu berusia 28 tahun itu masuk ke telinga seorang Indra. Ia menyukainya.

End Of The Road sendiri merupakan sebuah lagu tentang cinta. Menceritakan seorang pria yang hubungannya di ujung tanduk. Namun, tidak ingin berpisah dengan kekasihnya.

Weak-SWV 

SWV merilis Weak sebagai lagu ketiga dalam album It’s About Time. Mereka mengeluarkan itu di bawah label RCA Records pada 2003 silam. Weak menjadi salah satu lagu populer SWV sampai saat ini.

Meski populer karena SWV, Weak sebenarnya ditulis oleh Brian Alexander Morgan. Ia menulisnya sesuai dengan perasaannya kepada penyanyi R&B Chante Moore.   

Officially Missing You-Tamia 

Sesuai judulnya, Officially Missing You merupakan lagu tentang rindu yang menggebu. Tamia merilisnya pada 2003. Lagu itu masuk ke dalam album ketiganya berjudul More.

Officially Missing You ditulis oleh Marcus “Channel 7” Vest dan Chauncey Jackson. Durasinya mencapai empat menit. Lagu itu sempat masuk ke puncak daftar lagu R&B terbaik versi Billboard.

Rock With You-Michael Jackson

Michael Jackson adalah raja musik pop dunia. Ia meninggal pada 2009 silam dalam usia 50 tahun. Meski telah tiada, musiknya banyak memengaruhi para musisi seluruh dunia, terutama mereka yang terjun ke genre pop.

Indra menyukai salah satu karyanya berjudul Rock With You. Lagu itu rilis pada 1979 silam. Sebelum Indra lahir. Namun, Rock With You mampu menjelajahi waktu. Sampai mengenalkan diri kepada generasi-generasi sekarang.

Love-Keysha Cole

Love merupakan lagu R&B. Keysha Cole merilisnya pada 2006. Lagu itu masuk ke dalam album The Way It Is.

Love menjadi lagu paling sukses dalam album tersebut. Menceritakan tentang hubungan serius seorang perempuan dengan pasangannya. Perempuan itu selalu berusaha sebaik mungkin. Namun, pasangannya selingkuh.

Foto: Hari Purwanto

Komentar