IBL

NBA tidak pernah menyangka akan menunda musim 2019-2020. Pandemi Covid-19 datang dengan tiba-tiba ke seluruh dunia. NBA gagal menggelar pertandingan-pertandingan lanjutan.

Penundaan tersebut berdampak pada berbagai macam hal. Namun, Kepala Pelatih Los Angeles Clippers Doc Rivers seolah melihat terang dalam gelap. Dia merasa musim tunda baik bagi para pemainnya. Salah satunya Kawhi Leonard.

Rivers mengatakan masa hiatus berguna untuk pemulihan tubuh Leonard. Sebab, sampai saat ini, sang pemain masih berusaha untuk mengembalikan tubuhnya seperti sediakala dari cedera yang dideritanya. Rivers bahkan mesti mengistirahatkannya dari pertandingan berkali-kali pada 2019-2020 ini.

Menurutnya, Leonard butuh latihan yang cukup agar bisa pulih dan tampil dalam bentukan terbaiknya. Rivers menyebutnya sebagai “phenomenal shape”. Selama ini, Leonard tidak punya cukup waktu untuk membentuk tubuhnya seperti itu, setelah absen sekian lama dari pertandingan-pertandingan NBA pada 2017-2018.

“Saya tahu Kawhi terlalu banyak berlatih. Saya tahu itu,” kata Rivers seperti dikutip ESPN. “Dan bedanya adalah, selama musim panas, Kawhi tidak bisa berlatih, jadi saat mendapat jeda ini, dia bisa berlatih lagi.”  

Clippers sendiri saat ini tengah naik ke papan atas. Mereka berada di peringkat dua Wilayah Barat dengan rekor 44-20. Clippers sudah pasti ke playoff.

“Kami sangat baik,” kata Rivers lagi. “Pada 10 pertandingan terakhir, kami menunjukkan jati diri. Anda bisa merasakannya. Kami mulai memahami satu sama lain. Kami bermain dengan mulus karena kehadiran Kawhi dan PG (Paul George).”

Dalam kondisi itu, Rivers yakin Clippers bisa berbicara banyak sisa musim ini. Sayangnya, NBA ditunda karena Covid-19. Seandainya Leonard bisa melewati masa ini dengan pulih pada bentukan terbaiknya, mereka bisa saja lebih bagus lagi. Itu pun kalau NBA dilanjutkan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar