IBL

Don Nelson merupakan pelatih legendaris. Ia bahkan menempati puncak klasemen pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak di NBA. Nelson mengantungi setidaknya 1335 kemenangan.

Meski begitu, Nelson ingin rekornya dipecahkan orang lain. Ia berharap Gregg Popovich bisa melampauinya. Saat ini, Popovich berada di peringkat tiga dengan 1272 kemenangan. Sementara di atasnya ada Lenny Wilkens dengan 1332 kemenangan.

Di antara tiga teratas, Popovich memang menjadi satu-satunya pelatih aktif saat ini. Ia masih bertugas mendampingi San Antonio Spurs pada musim 2019-2020. Namun, NBA mengalami hiatus karena pandemi Covid-19, sehingga Popovich tidak bisa menambah jumlah kemenangannya sementara ini.

Popovich membutuhkan setidaknya 109 kemenangan lagi untuk melampau Nelson. Untuk mendapatkan itu, ia harus melewati setidaknya dua musim. Itu pun kalau memenangi semua pertandingan musim reguler.

“Saya pikir itu adalah sesuatu yang terjadi begitu saja jika Anda berada di liga cukup lama dan, jika Anda bisa mendapatkan banyak kemenangan, Anda dapat mencobanya,” kata Don Nelson seperti dikutip ClutchPoints dari Daily Democrat. “Namun, banyak orang tidak melatih selama itu. Saya harap ia (Gregg Popovich) bisa melakukannya. Saya harap ia mendapatkannya segera.”

Nelson sendiri menghabiskan waktu selama 31 tahun sebagai kepala pelatih dari 1976—2010. Ia sempat melatih Milwaukee Bucks, Golden State Warriors, New York Knicks, dan Dallas Mavericks. Meski tidak pernah memenangi gelar juara, Nelson seringkali berhasil mengubah timnya menjadi pesaing di playoff.

Sementara itu, Popovich dianggap sebagai salah satu pelatih terhebat di NBA. Ia mengantungi total lima gelar juara bersama Spurs. Belakangan, timnya mulai turun pamor. Namun, beberapa orang percaya Popovich belum habis. Salah satunya Nelson. (GNP)

Foto: NBA

Komentar