IBL

Luka Doncic kembali ke lapangan pascacedera engkel. Ia membantu Dallas Mavericks mengobrak-abrik San Antonio Spurs. Doncic dkk. kemudian keluar sebagai pemenang dengan skor 102-98 di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Kamis, 26 Desember 2019 waktu setempat.

Pemain berkebangsaan Slovenia tersebut mencetak 24 poin, 10 rebound, dan 8 asis dalam 33 menit. Gregg Popovich, kepala pelatih Spurs, pun teringat sesuatu. Doncic mirip Earvin “Magic” Johnson saat masih aktif bermain di NBA.

“Saya benci mengatakan ini: Ia bukan Magic Johnson, tetapi saat di lapangan ia mirip Magic Johnson,” kata Popovich, per ESPN. “Ia benar-benar intuitif, dan itu tidak bisa diajarkan. Ia punya itu dari sananya dan ia hebat dalam hal itu. Saya tidak ingin menyamakannya dengan Magic Johnson. Ia belum siap. Namun, ia bermain dengan baik.”

Pada pertandingan sebelumnya, Doncic juga mampu membantu timnya mengalahkan Spurs. Saat itu, ia bahkan mencetak tripel-dobel. Doncic mengumpulkan 42 poin, 11 rebound, dan 12 asis. Mavericks juga menang 117-110.

Popovich sangat kagum dengan penampilan Doncic dalam dua pertandingan melawan timnya. Ia mengatakan bahwa Sang Pemain punya potensi sebagai wajah masa depan NBA. Namun, untuk mencapai level Johnson, Doncic masih jauh. Apalagi kariernya baru berlangsung kurang dari dua musim.

Meski begitu, pada 2019-2020, Doncic sudah mencuri banyak atensi. Tampil dalam 26 pertandingan, ia mampu mencetak 29,1 poin, 9,6 rebound, 8,8 asis, dan 1,2 steal per pertandingan. Persentase tembakannya (FG%) mencapai 47,7 persen, dengan efektivitas (eFG%) 55,2 persen dan true shooting percentage (TS%) 61,1 persen.

Dengan penampilannya, Doncic mampu mengantarkan Mavericks ke peringkat lima besar. Mereka saat ini mengantungi rekor menang-kalah 20-10. Selanjutnya, Mavericks akan menghadapi Golden State Warriors yang tengah sakit. Pertandingan berlansung pada akhir pekan. Doncic kemungkinan tampil lagi karena cederanya sudah sembuh. (put)

Foto: NBA

Komentar