IBL

Kabar perpanjangan kontrak Gregg Popovich hingga tiga tahun ke depan dengan San Antonio Spurs langsung berimbas ke pembentukan skuat. Dalam sebuah wawancara dengan San Antonio Express-News, Popovich membeberkan salah satu rencana terdekatnya. Salah satunya adalah untuk mempertahankan forwarda mereka, Rudy Gay.

“Kami berharap kami bisa segera menemukan cara untuk mengontraknya kembali musim depan,” ungkap pelatih yang akrab disapa Pops tersebut. “Dia adalah seorang pencetak angka ulung, dia bisa menjadi pembeda dalam sebuah gim. Di sisi lain, ia semakin baik dalam hal rebound dan bertahan, dua hal yang bukan menjadi salah satu kekuatannya selama ini. Kini ia mengerti dua hal tersebut juga cukup penting dan ia terus menjadi lebih baik dari musim ke musim.”

Apa yang diungkapkan oleh Pops memang benar adanya. Dari 69 kesempatan bermain Rudy musim ini yang mana 51 di antaranya ia mulai sejak tepis mula, Rudy membukukan 13,7 poin, 6,8 rebound, dan 2,6 asis per gim. Untuk catatan rebound, itu adalah rataan tertinggi Rudy sepanjang karirnya.

“Dia adalah orang yang sangat mudah bergaul. Sebagai rekan tim, saya rasa ia adalah tipikal yang diinginkan semua orang. Dia sangat mudah membuat rekan-rekan setimnya nyaman dengan dirinya. Salah satu contohnya adalah ruki kami, Lonnie Walker IV. Baginya yang baru memulai karir, memiliki senior yang mau makan, berbincang, hingga bercanda dengannya seperti Rudy akan membuatnya lebih tenang menjalani musim,” imbuh Pops.

Rudy sendiri akan menyandang status unrestricted free agent per 1 Juli nanti. Meski usianya sudah menginjak 32 tahun, Rudy justru bisa dibilang sedang sangat memikat untuk tim-tim NBA. Selain urusan rebound dan pertahanan yang semakin membaik, alumnus University of Connecticut ini juga mengalami peningkatan dalam akurasi.

Secara statistik tradisional, Rudy memiliki FG% di angka 50 persen semetara untuk 3P% berada di rataan 40 persen. Dua catatan tersebut sekali lagi menjadi yang tertinggi sepanjang karirnya. Memasuki statistik lanjutan (advanced), catatan eFG% 55 persen dan TS% di angka 58 persen juga menjadi torehan terbaiknya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar