IBL

NBA masih mengalami hiatus. Namun, optimisme terus dipupuk. Para calon ruki bermunculan. Mereka mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2020 di tengah ketidakjelasan liga karena Covid-19.

Dari sekian banyak calon ruki, Onyeka Okongwu ada di antaranya. Ia mendeklarasikan diri mengikuti draft tahun ini pada Rabu, 25 Maret 2020 waktu Amerika Serikat. Okongwu akan segera mencari agen.

“Saya mendeklarasikan diri mengikuti draft, merelakan sisa tiga tahun karier saya di kampus dan berencana mencari seorang agen dalam waktu dekat,” kata Okongwu kepada ESPN.

Okongwu sebenarnya baru setahun bersama University of Southern California (USC). Ia juga belum merasakan NCAA secara penuh. Sebab, mereka telanjur membatalkan turnamen pada Maret ini. March Madness tidak jadi diselenggarakan karena Covid-19.

Okongwu pun mengucapkan salam perpisahan kepada semua pihak. Meski singkat, pertemuannya dengan para penggawa USC tetap berkesan. Ia bahkan menyebut pengalamannya itu sebagai pengalaman yang spektakuler.

“Namun, semua ini mesti berakhir. Saya ingin melangkah lebih jauh ketika kesempatan ini terbuka,” kata Okongwu dalam unggahannya di media sosial. “Dengan pertimbangan yang cermat, saya mengumumkan bahwa saya mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft. Saya menghargai semua pihak yang membantu saya sampai ke titik ini.”

Okongwu disebut-sebut sebagai salah satu pemain besar (big man) papan atas dalam prospek draft tahun ini. Okongwu mampu mencetak rata-rata 16,2 ppoin, 8,6 rebound, 2,7 blok, dan 1,2 steal bersama USC. ESPN memprediksi dirinya akan berlabuh di peringkat enam. (GNP)

Foto: USC Trojans

Komentar