IBL

Anthony Edwards dari University of Georgia mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2020. Namun, ia bukan satu-satunya pemain yang melakukan itu. Tre Jones, garda Duke University, juga mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft tahun ini meski NBA ditunda karena pandemi Covid-19.

Jones merupakan rekrutan Duke tahun 2018. Ia seangkatan dengan Zion Williamson, R.J. Barrett, dan Cam Reddish. Saat ketiganya memutuskan melanjutkan karier ke NBA pada 2019 lalu, Jones memilih tetap di kampus. Baru tahun ini ia mendeklarasikan diri.

Garda tahun kedua tersebut tampil dalam 29 pertandingan pada 2019-2020 ini. Ia mencetak rata-rata 16,2 poin, 4,2 rebound, 6,4 asis, dan 1,8 steal. Jones merupakan ACC Player of the Year yang juga mendapat penghargaan ACC Defensive Player of the Year dan First-team All-ACC 2020.

Jones dan Duke sebenarnya bisa saja mendapatkan penghargaan lain. Namun, NCAA ditunda karena pandemi Covid-19. March Madness yang mestinya diselenggarakan pada Maret ini dibatalkan.

Sementara itu, NBA belum tahu akan dimulai kapan. Mereka mengalami hiatus sejak Rabu, 11 Maret 2020. Komisioner Adam Silver mengatakan pihaknya membutuhkan waktu 1—2 bulan untuk mengawasi perkembangan situasi. NBA mungkin saja dilanjutkan bahkan disetop.

Jones sendiri memiliki saudara kandung di NBA. Ia merupakan adik dari Tyus Jones, garda Memphis Grizzlies, yang sempat menjadi juara NCAA bersama Duke pada 2015. Setelah juara, ia memutuskan melanjutkan karier ke NBA, dan Cleveland Cavaliers memilihnya di urutan ke-24, lalu ditukar ke Minnesota Timberwolves.

Tidak seperti kakaknya, Jones berpotensi terpilih di jajaran top. Beberapa daftar prospek mengatakan begitu. Namun, pembuktiannya masih belum tahu. NBA saja sedang mengalami hiatus. Agenda-agenda mereka mesti bergeser. (GNP)

Foto: NBA

Komentar