IBL

NBA mengalami hiatus akibat pandemi Covid-19. Agenda tahunan mereka bisa saja bergeser semua, termasuk NBA Draft 2020. Namun, Anthony Edwards dari University of Georgia tetap mendeklarasikan diri untuk mengikuti draft tahun ini pada Jumat, 20 Maret waktu setempat.

Edwards disebut-sebut sebagai calon pemain nomor satu. Beberapa daftar prospek yang dikeluarkan media, seperti ESPN, meyakini hal itu. Edwards sendiri mengaku dirinya layak untuk berada di jajaran top.

“Saya pikir saya bisa jadi nomor satu, tanpa ragu,” kata Edwards per 24/7 Sports. “Itu satu-satunya tujuan saya.”

Dengan mendeklarasikan diri sebagai calon draft, itu artinya Edwards akan meninggalkan Georgia. Ia pun berpamitan dengan berbagai pihak yang telah membantunya selama di sana.

“Georgia akan selalu menjadi rumah saya. Namun, saya siap melanjutkan karier ke tingkat selanjutnya dan memutuskan untuk mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2020,” ujar Edwards dalam unggahan di media sosialnya. “Saya harap saya membuat kalian bangga meski kerja keras ini belum selesai.”

Edwards bermain dalam 32 pertandingan NCAA bersama Georgia pada 2019-2020 ini. Ia mencetak rata-rata 19,1 poin, 5,2 rebound, 2,8 asis, dan 1,3 steal. Sayangnya, karena Covid-19, NCAA tidak bisa dilanjutkan.

Edwards pun terpaksa mengakhiri kariernya di kampus. Padahal itu pengalaman pertamanya di sana. Edwards baru masuk Georgia selama satu tahun.

Meski begitu, ini merupakan hal lumrah. Pemain-pemain seperti Edwards pada umumnya hanya berada di kampus selama setahun. Kemudian, pergi dari sana untuk melanjutkan karier ke NBA.

Selama setahun, Edwards merengkuh gelar All-SEC Second Team dan SEC Freshman of the Year. Ia bisa saja mendapatkan penghargaan lainnya. Namun, NCAA kadung ditunda. Turnamen March Madness yang mestinya berlangsung pada Maret ini dibatalkan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar