IBL

Nama-nama calon ruki bermunculan. Satu per satu dari mereka mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2020. Salah satunya Obi Toppin dari Dayton University.

Toppin merupakan mahasiswa tahun kedua. Ia masih punya waktu dua tahun lagi untuk bermain di NCAA. Namun, memutuskan untuk meninggalkan kampus demi mengejar mimpinya ke NBA.

Toppin mengumumkan hal itu pada Rabu, 25 Maret 2020 waktu Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa dirinya berniat untuk mencari agen dan mengikuti NBA Draft. Padahal NBA saja belum jelas kelanjutannya sampai saat ini.

“Saya harap semua orang aman dan sehat pada saat-saat seperti ini,” kata Toppin dalam unggahannya di media sosial. “Saya ingin mengabarkan bahwa saya akan bekerja sama dengan agen dan merelakan sisa karier di kampus dengan mengikuti NBA Draft 2020.”

Pada 2019-2020 ini, nama Toppin cukup mencuat. Ia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat pemain terbaik nasional. Toppin mencetak rata-rata 20 poin, 7,5 rebound, dan 2,2 asis. Persentase tembakan dua angkanya mencapai 70 persen, sementara persentase tembakan tiga angkanya 39 persen.

Dengan kehadiran Toppin, para pandit memprediksi Dayton sebagai tim nomor satu. Namun, NCAA telanjur dibatalkan. March Madness yang mestinya berlangsung Maret ini tidak jadi digelar.

Dalam kondisi ini, para pemain pun merelakan saja turnamen bergengsi di tingkat kampus. Toppin memutuskan untuk mengikuti NBA Draft. Pemain lain sebelumnya sudah mengumumkan hal yang sama. Beberapa akan menyusul. Antusiasme mereka tidak ikut padam saat krisis seperti ini. (GNP)

Foto: NCAA

Komentar