IBL

NBA belum jelas masa depannya. Mereka masih mengalami hiatus akibat pandemi Covid-19. Agenda-agenda berpotensi geser, termasuk NBA Draft 2020. Namun, itu tidak menghalangi langkah Tyrese Haliburton untuk meninggalkan kampus demi mengejar karier profesional.

Menurut laporan Jonathan Givony dan Adrian Wojnarowski, ESPN, Haliburton telah mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft tahun ini. Ia merelakan dua tahun sisa kariernya di Iowa State agar bisa masuk ke liga tersohor sedunia. Haliburton berusaha mengejar mimpinya dengan meninggalkan liga kampus NCAA.

Meski begitu, Haliburton punya kesempatan untuk kembali ke kampus. Ia diberi waktu sampai 15 Juni seandainya mau menarik diri dari NBA Draft. Haliburton bisa bermain lagi di NCAA saat keputusannya berubah. Apalagi NBA juga belum jelas agendanya.

Menurut kabar yang beredar, Haliburton sendiri ingin tetap berada di daftar prospek NBA. Apa pun agenda mereka nanti. Ia tampak serius ingin mengejar mimpinya.

Haliburton sendiri bernasib malang belakangan ini. Ia mengalami retak pergelangan tangan. Haliburton pertama kali mengalami cedera itu pada Desember 2019 lalu, sehingga berkali-kali absen dalam pertandingan. Ia hanya tampil dalam 22 pertandingan pada musim keduanya di NCAA.

Meski hanya tampil sebanyak itu, Haliburton mampu mencetak 15,2 poin, 5,9 rebound, dan 6,5 asis per pertandingan. Para pandit menganggap talentanya bisa dibawa ke NBA. Apalagi dengan Haliburton mampu tampil baik di kedua sisi lapangan, baik saat menyerang maupun bertahan.

Jonathan Wasserman, Bleacher Report, saja memprediksi Haliburton terpilih di urutan keempat sebelum cedera. Prediksi itu bisa saja berubah. Namun, para pandit percaya Haliburton akan tetap terpilih di jajaran atas. (GNP)

Foto: Dok. Tyrese Haliburton

Komentar