IBL

Pau Gasol berpikir untuk pensiun. Juara NBA dua kali itu sudah tidak muda lagi. Usianya mencapai 39 tahun.

Gasol sempat menandatangani kontrak bersama Portland Trail Blazers pada musim panas lalu. Namun, tidak bisa tampil karena cedera kaki. Proses rehabilitasinya tidak berjalan tepat waktu. Trail Blazers pun melepasnya.

Senter-forwarda asal Spanyol itu kemudian mengakui bahwa dirinya berpikir untuk pensiun. Ia merasa usianya sudah tidak muda. Apalagi cederanya belum pulih. Ia tidak mungkin melanjutkan karier dalam kondisi seperti itu.

“Dengan proses pemulihan ini dan cedera yang telah saya tangani selama lebih dari setahun, saya mulai berpikir untuk pensiun,” kata Pau Gasol kepada El Pais, seperti dikutip ClutchPoints. “Dengan pertimbangan saya akan berusia 40 tahun dalam beberapa bulan, jadi memang saya berpikit begitu.”

Gasol sendiri memulai kariernya di NBA pada 2001. Saat itu, ia membela Memphis Grizzlies. Gasol kemudian pindah ke Los Angeles Lakers pada 2008. Meraih prestasi seperti dua gelar juara NBA beruntun (2009-2020).

Gasol juga mengantungi beberapa prestasi individu. Salah satunya Rookie of the Year 2002. Sejak pertama kali masuk ke NBA, ia sudah mencuri perhatian.

Selama kariernya, pemain kelahiran Barcelona, 16 Juli 1980 itu telah membela enam klub NBA. Selain Trail Blazers, Grizlies, dan Lakers, ia sempat bermain untuk Chicago Bulls dan San Antonio Spurs. Namun, tidak pernah juara selain bersama Lakers.  

Meski memiliki nama di NBA, Gasol sebenarnya tidak memulai kariernya di sana. Ia pertama kali meniti jalan profesionalnya di kampung halamannya di Spanyol. Bergabung dengan Barcelona pada 1998, mengukir prestasi dengan menjuarai ACB League dua kali pada 1999 dan 2001.

Gasol juga menyumbang peran dalam kesuksesan bola basket Spanyol. Bersama tim nasional, ia pernah menyabet gelar juara Piala Dunia pada 2006. Sayangnya, Gasol tidak ikut saat Spanyol menjuarai Piala Dunia 2019 lalu. Kini, ia berpikir untuk pensiun dan tidak akan lagi membela tim nasional bahkan klub. (GNP)

Foto: NBA

Komentar