IBL

Oklahoma City Thunder bebas Covid-19. Mereka mengatakan bahwa pemain, pelatih, dan staf negatif virus corona (SARS-CoV-2) pada Rabu, 18 Maret 2020 waktu setempat. Thunder pun boleh merasa lega sekarang.

Klub asal Oklahoma City itu sebelumnya mendapat banyak atensi. Sebab, NBA mulai menunda kompetisi 2019-2020 saat Thunder menghadapi Utah Jazz. Saat itu, Rudy Gobert, salah satu pemain Jazz, positif virus corona.

NBA langsung menutup Chesapeake Energy Arena yang menjadi lokasi pertandingan. Para penonton diminta pulang. Kedua klub dipisahkan. Thunder dikarantina di ruang ganti mereka, sementara Jazz di ruang ganti tamu.

Para pemain Thunder keluar lebih dulu dari arena. Mereka diperbolehkan kembali ke tempat masing-masing. Namun, Jazz tidak bisa begitu. Mereka ditahan karena pemeriksaan. Hasilnya, Donovan Mitchell, pemain Jazz lainnya, positif corona.

Para pemain Jazz yang negatif virus corona kemudian pulang dengan jet ke Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Gobert dan Mitchell berangkat secara terpisah. NBA tidak mau mengambil risiko penularan yang lebih luas.

Sejak itu, klub-klub yang sempat bertemu Jazz dalam 10 hari ke belakang diminta karantina, termasuk Thunder. Mereka bahkan tidak diperbolehkan keluar kota atau menerima tamu dari luar kota. Meski pada akhirnya, NBA mengubah kebijakan itu, sebab tidak semua pemain berada dekat dengan keluarga di kota tempat klub mereka bermarkas.

Thunder sendiri terus berkonsultasi dengan pihak berwenang, seperti: tim medis, dinas kesehatan, dan ahli penyakit menular. Mereka juga berusaha untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat di sekitarnya agar virus ini bisa diminimalisasi. Thunder bahkan mengambil langkah sendiri untuk memeriksa pemain, pelatih, dan stafnya tanpa menunggu sumber daya yang dimiliki negara.

Selain Thunder, Detroit Pistons juga mengambil langkah serupa. Mereka mengandalkan laboratorium swasta untuk memeriksa 17 anggota klubnya, termasuk Christian Wood. Senter-forwarda berusia 24 tahun itu positif virus corona.

Wood, Gobert, dan Mitchell merupakan 3 dari 7 pemain NBA yang kini terjangkit Covid-19. Satu lainnya adalah Kevin Durant dari Brooklyn Nets. Sementara tiga sisanya tidak diketahui. Namun, statusnya merupakan pemain Nets juga.

Akibat pandemi ini, NBA terpaksa menunda kompetisi musim 2019-2020. Situasi masih belum menentu. NBA merasa perlu terus mengawasinya. Mereka belum bisa banyak bergerak. (GNP)

Foto: NBA

Komentar