IBL

Boston Celtics menang tipis 112-111 dalam lanjutan laga NBA melawan Oklahoma City Thunder, Minggu malam, 9 Februari 2020, waktu setempat. Meski menang, Celtics bisa dibilang kesulitan sepanjang laga, utamanya di paruh pertama. Celtics tertinggal 11 poin di penghujung paruh pertama.

Kebangkitan Celtics baru terlihat di kuarter tiga dengan mencetak 32 poin dalam gim yang digelar di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat tersebut. Lalu di kuarter empat, Celtics membuat beberapa kali pertahanan apik yang membuat Thunder harus bertekuk lutut. Salah satunya adalah steal dari Marcus Smart di detik-detik akhir pertandingan.

Di luar catatan-catatan di atas, kemenangan Celtics hari ini juga terjadi karena andil besar tripoin mereka. Secara akurasi, kedua tim memang tidak berbeda jauh, Celtics 44 persen sedangkan Thunder 41 persen. Namun, melihat jumlah tembakannya, maka Celtics layak menang. Celtics memasukkan 16/36 tembakan sedangkan Thunder 11/27 tembakan.

Lima pemain utama Celtics menyentuh dua digit poin dengan tiga di antaranya dobel-dobel. Kemba Walker jadi top skor dengan 27 poin dan 4 rebound selama 30 menit dari 4/9 tripoin (44 persen). Jayson Tatum memimpin barisan dobel-dobel dengan 26 poin dan 11 rebound. Ia memasukkan 10/19 tembakan (53 persen). Gordon Hayward 13 poin , 10 rebound, dan 4 asis sedangkan Daniel Theis 13 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Jaylen Brown melengkapi daftar dengan 17 poin.

Dari kubu tuan rumah, empat pemain mencetak dua digit poin dengan semuanya mencatatkan lebih dari 20 poin. Danilo Gallinari dan Shai Gilgeous-Alexander jadi top skor bersama Thunder. Galinari mencetak 24 poin dan 5 rebound sementara Shi 24 poin, 6 rebound, dan 4 asis. Chris Paul dan Dennis Schroder lantas mengikuti. Paul membukukan 22 poin, 5 rebound, dan 5 asis sedangkan Schroder 22 poin plus 7 rebound selama 36 menit dari bangku cadangan.

Hasil ini membawa Celtics mempertahankan tren positif mereka. Celtics kini jadi tim kedua terpanas di NBA dengan catatan tujuh kemenangan beruntun. Satu-satunya tim yang lebih panas dari Celtics adalah Toronto Raptors dengan 14 kemenangan beruntun. Celtics kini duduk di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur dengan 37 kemenangan dan 15 kekalahan, satu tingkat di bawah Raptors.

Sebaliknya bagi Thunder, kekalahan ini memutus tren positif empat kemenangan beruntun mereka. Thunder bertengger di posisi enam klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (32-21).

Celtics masih akan melanjutkan tur pesisir pantai barat mereka di gim selanjutnya dengan bertandang ke Houston Rockest, lusa, waktu setempat. Di hari yang sama, Thunder masih ada di kandang untuk menjamu San Antonio Spurs. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar