IBL

Pelita Jaya Bakrie tidak terbendung. Mereka terus menang dan menang. Pelita Jaya mengalahkan NSH Jakarta pada hari kedua IBL 2020 Seri IV Yogyakarta. Mereka unggul 78-70 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat, 7 Februari 2020. Itu merupakan kemenangan kelima beruntun sejak Seri II Bandung.

Dior Lowhorn mencetak dobel-dobel 27 poin dan 12 rebound. Michael Murray di belakangnya dengan 27 poin juga. Murray menjadi salah satu pilar penting hari ini, terutama pada kuarter empat. Ia mampu menjadi ujung tombak Pelita Jaya.

Sementara itu, Michael Glover mengoleksi 17 poin dan 10 rebound untuk NSH. Pertarungannya dengan Lowhorn menjadi hiburan tersendiri. Beberapa kali emosi penonton terpancing oleh permainan mereka.

Di samping Glover, Dashaun Wiggins mencetak 17 poin. Sedangkan Widyanta Putra dan Jordan Andrews masing-masing 12 poin. Sayang, perolehan itu tidak menyelamatkan NSH dari kekalahan. Menurut Kepala Pelatih Antonius Rinaldo, tembakan mereka sering meleset sehingga rekor tiga kemenangan beruntun pun terputus. Belum lagi hal-hal lain yang membuat mereka tidak diuntungkan.

Meski begitu, kuarter pertama berlangsung sengit. Lowhorn dan Glover berkali-kali bertemu di bawah ring. Tidak jarang mereka beradu mulut di sana.

NSH akhirnya unggul lebih dulu dengan skor 15-11. Namun, Pelita Jaya mampu mengambil alih pada kuarter berikutnya. Mereka memimpin 28-26 sampai turun minum. Selisih hanya dua poin.

Pelita Jaya memperlebar jarak 42-34 pada lima menit pertama kuarter tiga. NSH sempat mendekat. Sayangnya, mereka kembali tertinggal hingga delapan poin. Serangan terakhir NSH juga gagal dieksekusi. Padahal Pelita Jaya hanya memakai jasa dua pemain asing. Kebetulan Kevin Bridgewaters absen akibat cedera.

Pada kuarter empat, Pelita Jaya terus memupuk asa. Meski berkali-kali mendapatkan perlawanan, mereka mampu menanganinya. Pelita Jaya memanfaatkan Murray untuk mendulang poin.

“Di kuarter empat situasinya sudah berbeda,” kata Kepala Pelatih Pelita Jaya Octaviarro Tamtelahitu. “Pemain asing NSH sudah foul trouble. Jadi, yang menjaga Mike (Murray) pemain lokal.”

Menurut Octaviarro, Murray hari ini melakukan tugasnya dengan baik. Ia mampu mengangkat tim di tengah pertandingan sengit. Octaviarro berharap Murray dan lainnya bisa melakukan hal yang sama. Sebab, mereka mesti menghadapi Louvre Surabaya besok.

NSH, di sisi lain, akan menghadapi Bank BPD DIY Bima Perkasa. Pertandingan juga berlangsung besok. Seri IV berakhir Sabtu ini. Kemudian, IBL akan melanjutkan gelaran dengan menampilan pertandingan All-Star. (GNP)

Foto: Hari Purwanto

Komentar