IBL

Tim nasional basket putra yang kini bernama Indonesia Patriots baru saja mengalahkan Amarta Hangtuah dengan skor 85-47 (6 Februari). Kaleb Ramot Gemilang jadi satu dari tiga pemain paling kontributif mencetak angka. Kaleb mencetak poin terbanyak kedua bagi Patriots dengan total 17 poin yang diraih lewat akurasi 100 persen.

Hal yang menarik dari performa Kaleb adalah ia mengenakan sepasang sepatu merek lokal DBL-Ardiles atau AZA Footwear. Keesokan harinya, Kaleb tampak mengunggah video instastory memamerkan dua jenis sepatu keluaran DBL-Ardiles.

Merek sepatu basket lokal paling laris dalam dua tahun belakangan ini sudah dikenal luas. Abraham Damar Grahita, rekan setimnya di Stapac Jakarta dulu dan Indonesia Patriots kini, adalah duta DBL-Ardiles sejak 2017. Ia bahkan sudah punya sepatu khusus sendiri yang dinamai AD1. Sudah ada tiga varian AD1 yang dipakai Abraham mengarungi musim bersama Stapac Jakarta dan kini di timnas. Kaleb (bersama Fandi Andhika Ramadhani) juga sempat terlihat bertanding dengan sepatu AD1.

Apakah ini pertanda bahwa DBL Ardiles sedang mengincar Kaleb? Bisa saja. Pemain incaran merek besar pasti akan diberikan sepatu-sepatu basket spesial. Tujuannya satu, agar ia nyaman memakainya dan tertarik untuk jadi dutanya. Prestasi gemilang yang ditampilkan diharapkan akan mendongkrak popularitas dan penjualan produk yang dipakai.

Michael Jordan, Kobe Bryant, LeBron James, Stephen Curry, Dwyane Wade, dan lain sebagainya adalah nama-nama tenar yang sukses menjalankan misi tersebut. Untuk kancah lokal, Abraham Damar Grahita layak disanjung. Ia berkontribusi besar terhadap popularitas DBL-Ardiles AZA 5 dan AD1. Kini, lini sepatu yang dijalankan PT DBL Indonesia tersebut kian diperhitungkan di persepatuan basket nasional.

Modal prestasi mentereng Kaleb sejatinya layak diperhitungkan. Ia meraih juara Lima (Liga Mahasiswa) berseragam ITHB, juara IBL Indonesia, dan terpilih menjadi MVP pada tahun 2019. Jangan lupa juga ia masih dipercaya membela tim nasional bertahun-tahun dan kini memakai seragam Indonesia Patriots di ajang IBL Indonesia musim 2019-2020.

Peluang ini juga bisa dimaksimalkan Kaleb untuk meraih atensi lebih luas. Masyarakat Indonesia sudah sepatutnya melirik pemain-pemain berprestasi. Kehadiran DBL Ardiles sebagai sponsor bisa memacu Sang pemain untuk terus mendulang prestasi. Diharapkan kemudian bisa berkontribusi lebih banyak untuk perbasketan nasional dan generasi selanjutnya.

Hingga kini, baik Kaleb Ramot maupun PT DBL Indonesia belum mengeluarkan pernyataan apapun. 

Foto: Hari Purwanto

Komentar