IBL

Selain memberi pengumuman tentang peserta kontes slam dunk, akun twitter resmi NBA All Star juga memberikan daftar pemain yang akan adu akurasi di kontes tripoin. Sebanyak delapan nama telah diumumkan akan bertarung di salah satu rangkaian acara pendukung NBA All Star yang kini diberi nama “Mtn Dew Three-Point Contest.”

Delapan nama tersebut adalah Davis Bertans (Washington Wizards), Devonte’ Graham (Charlotte Hornets), Joe Harris (Brooklyn Nets), Buddy Hield (Sacramento Kings), Zach LaVine (Chicago Bulls), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), Duncan Robinson (Miami Heat), dan Trae Young (Atlanta Hawks).

Menilik pada data statistik NBA per 4 Februari 2020, seluruh nama di atas menempati 80 besar akurasi tripoin terbaik. Robinson jadi pemain dengan akurasi tertinggi di antara para peserta dengan 43,9 persen sedangkan Bertans berada di bawahnya dengan selisih satu persen saja. Young jadi pemain dengan akurasi terkecil di antara para peserta dengan 36,7 persen.

Harris, Hield, dan Lillard, adalah tiga nama yang musim lalu juga turut beradu di kontes tripoin. Nama yang pertama disebut bahkan datang ke kontes tahun ini sebagai juara bertahan. Tahun lalu, ia berhasil mengalahkan Hield dan Stephen Curry di putaran final.

Selain kehadiran lima nama baru, kontes tahun ini juga datang dengan aturan baru. Jika biasanya ada lima rak dengan masing-masing lima bola di lima area dekat garis tripoin, tahun ini NBA menambah dua rak tambahan. Namun, dua rak tambahan tersebut hanya berisi dua bola dan terletak lebih jauh dari lima lainnya.

Jarak terjauh ring dengan garis tripoin (ujung/ top of the key) adalah 23 kaki dan 9 inchi. Sementara dua bola tambahan tersebut akan berjarak 29 kaki dan 9 inchi dari ring atau enam kaki lebih jauh. Rak tambahan pertama terletak di antara rak kedua dan ketiga sementara rak tambahan kedua berada di rak ketiga dan keempat.

Dua bola tambahan ini juga akan memiliki warna berbeda dengan yang lain yakni warna hijau. Nilainya pun berbeda. Jika bola biasa bernilai satu dan bola warna-warni bernilai dua, bola hijau akan bernilai tiga poin. Artinya, nilai maksimal dalam satu kesempatan pemain naik jadi 42 poin yang sebelumnya bernilai 36 poin. Waktu satu putaran pemain juga mengalami perubahan dari 60 detik ke 70 detik.

Perubahan ini akan jadi perubahan pertama di kontes tripoin sejak 2014. Di tahun itu, untuk pertama kali NBA menambahkan rak money-ball. Money-ball sendiri masih akan ada di gelaran tahun ini. Selain itu, penambahan waktu jadi 70 detik akan menjadi perubahan waktu pertama dalam 34 tahun terakhir. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar