IBL

Apple Music dan National Basketball Association (NBA), bersama dengan UnitedMasters, mengumumkan peluncuran BASE:LINE, daftar putar (playlist) musik independen dari Apple Music, yang fokus mencari bakat musik hip-hop terbaik. Hip-hop dianggap identik dengan budaya liga NBA. Tim, pemain, dan penggemar menjadikan seniman musik hip hop serta karyanya sebagai bagian dari mereka. Pergerakan itu menciptakan komunitas yang menyatukan kedua industri tersebut.

Daftar putar musik BASE:LINE, yang dipilih langsung oleh Director of Hip Hop and R&B, Apple Music, Ebro Darden dan tim. Pembaharuan akan dilakukan setiap pekan menampilkan beberapa nama pemusik independen dari seluruh dunia, baik yang sudah tenar maupun baru. Begitu pula pemusik dalam daftar UnitedMasters, yang jumlahnya semakin meningkat.

Tampilan aplikasi BASE:LINE.

Selain visibilitas luas yang ditawarkan Apple Music, berbagai karya dalam daftar putar BASE:LINE akan digunakan sebagai soundtrack untuk NBA Highlights. Kebijakan ini membuka kesempatan bagi karya tersebut untuk didengarkan oleh miliaran penggemar liga NBA. Saluran akses pun beragam. Mulai dari digital maupun media sosial, seperti NBA.com, NBA TV dan NBA App. Pengguna dapat mendengarkan musik dari daftar putar lagu BASE:LINE Apple Music dengan mudah melalui NBA.com dan NBA App.

"Kerja sama dengan Apple Music ini diharapkan dapat memberikan penggemar NBA di seluruh dunia pengalaman mendengarkan musik yang beresonansi dengan pemain dan penggemar kami,” kata NBA Commissioner, Adam Silver. “Melalui kemitraan dengan Apple Music dan UnitedMasters, kami sangat bersemangat menyediakan panggung digital raksasa bagi para musisi ternama maupun baru,” lanjutnya.

Sementara Apple Music sangat senang dengan kerja sama ini. "Apple Music sangat bangga dapat bekerja sama dengan NBA dan UnitedMasters dalam meluncurkan BASE:LINE," kata Senior Vice President, Internet Software and Services dari Apple, Eddy Cue. BASE:LINE, lanjutnya, dirancang mendukung para musisi independen ternama maupun baru untuk menyajikan karya musik hebat bagi jutaan orang di dunia.

“Para pemain NBA berasal dari komunitas di mana musik hip hop dilahirkan dan ini membentuk sebuah hubungan kuat di antara keduanya. Banyak musisi mengaku bercita-cita untuk menjadi pemain NBA sebelum akhirnya memutuskan untuk fokus menciptakan musik,” kata Global Head of Hip-Hop and R&B Apple Music, Ebro Darden. "BASE:LINE adalah sebuah daftar putar lagu, yang semakin akrab dengan komunitas di mana para musisi dan musik hip hop bermula.” (ajb)

Foto: aplikasi BASE:LINE, NBAE via Getty Images

Komentar