IBL

LeBron James terus membangun fondasi untuk membesarkan namanya di kancah bola basket dunia. Belakangan, ia berhasil menggeser pemain legendaris sekelas Isiah Thomas dalam daftar pencetak asis terbanyak sepanjang masa. James kini berada di peringkat delapan dengan total 9067 asis selama kariernya di NBA.

Sang Raja mencetak rekor tersebut saat Los Angeles Lakers menghadapi Cleveland Cavaliers di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin, 13 Januari 2020 waktu setempat. Ia mencetak 31 poin, 2 rebound, 8 asis, dan 1 steal. Lakers keluar sebagai pemenang dengan skor 128-99.

Thomas, yang menghabiskan kariernya sebagai pemain bersama Detroit Pistons, pun langsung memberi selamat kepada James atas pencapaiannya. Ia senang karena ada pemain yang bisa menggesernya secepat itu. Thomas menganggap apa yang dilakukan James luar biasa.

“Selamat kepada LeBron James karena telah menggeser saya dalam daftar pencetak asis di NBA. Pencapaian yang luar biasa!” kata Sang Legenda melalui akun Twitternya, yang kemudian menyarankan James untuk merayakannya dengan minum-minum.

James sendiri memang bukan pemain biasa. Selama kariernya, ia telah mencetak berbagai rekor. Rekor asis hanya salah satunya. James kebetulan memiliki kemampuan untuk mengirim asis yang luar biasa. Apalagi setelah bermain sebagai garda utama sepenuhnya pada 2019-2020 ini.

Musim ini, rata-rata asis James menjadi yang terbaik dalam kariernya. Ia mampu mencetak 10,7 asis per pertandingan. Sebelumnya, rekor tertinggi James adalah 9,1 per pertandingan. Itu terjadi saat ia masih membela Cleveland Cavaliers pada 2017-2018.

Catatan asis musim ini juga masih bisa berubah. Lakers menyisakan 42 pertandingan reguler. Seandainya konsisten, rata-rata asis James boleh jadi bertambah, bukan malah berkurang. (GNP)

Foto: NBA

Komentar