IBL

James Harden menancapkan namanya dalam tonggak sejarah NBA sekali lagi. Kali ini dengan menembus 20.000 ribu poin karier. Ia melakukannya saat Houston Rockets menghadapi Minnesota Timberwolves di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu, 11 Januari 2020 waktu setempat.

Harden telah mengoleksi total 20.022 poin sejak tampil pertama kali pada 2009. Ia merupakan salah satu pencetak poin terbaik NBA saat ini. Harden bahkan memimpin perolehan rata-rata poin pada 2019-2020 dengan 37,7 poin.

Usai pertandingan, pemain andalan Rockets tersebut sempat menyinggung pencapaiannya. Ia mengatakan bahwa rekor individu bukanlah tujuan utama. Namun, tetap mengapresiasinya sebagai salah satu dedikasi kepada olahraga yang dicintainya.

“Saya punya tujuan yang lebih besar, tetapi itu (rekor poin) juga keren,” kata Harden kepada media, yang kemudian memberi bola basket kepada ibunya sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada orang tua. “Setiap pencapaian dan penghargaan yang saya punya, miliknya juga.”

Dengan rekor yang sama, Harden sekaligus menjadi pemain ke-45 yang pernah menembus 20.000 poin. Ia juga menjadi pemain ketujuh termuda dalam sejarah NBA yang mencapai hal tersebut. Sebagai salah satu pencetak poin terbaik di liga, Harden benar-benar panas musim ini.

Pada 2019-2020, Harden sudah tampil sebanyak 37 kali dengan selalu mengisi barisan starter. Ia bisa bermain selama 37,1 menit per pertandingan dengan 37,7 poin, 6,2 rebound, 7,5 asis, dan 1,8 steal. Persentase tembakannya (FG%) mencapai 45,3 persen. Efektivitas (eFG%) 55,8 persen. True shooting percentage (TS%) 63,6 persen.

Musim ini, meski berhasil mencetak beberapa rekor, termasuk rekor 20.000 poin, Harden tidak berpaku fokus pada hal-hal individu. Ia ingin mencoba mengejar gelar juara yang belum sempat diraih selama satu dekade ini. Harden ingin merasakan puncak dari segala yang telah ia capai. (put)

Foto: NBA

Komentar