IBL

Kepala Pelatih Mike D’Antoni punya kesempatan untuk memperpanjang kontrak dengan Houston Rockets. Ia sudah berbincang dengan manajemen belakangan ini. Namun, perbincangan itu berakhir dengan satu konklusi: D’Antoni menolak untuk memperpanjang kontrak.

Dengan demikian, NBA 2019-2020 akan menjadi musim terakhirnya bersama Rockets. Sebab, D’Antoni menyisakan kontrak satu musim lagi. Setelah itu ia bebas.

D’Antoni sendiri sudah melatih Rockets sejak 2016. Ia berhasil mengantarkan timnya lolos ke playoff tiga kali beruntun. Sayangnya, ia selalu gagal menembus Final NBA karena terantuk Golden State Warriors. Pencapaian terbesar mereka selama tiga musim terakhir sebatas bermain Final Wilayah Barat.

Kendati kalah dari Warriors, menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Rockets tertarik untuk memperpanjang kontrak D’Antoni. Mereka tidak menilai hasil akhir, melainkan performa tim selama ini. Namun, pelatih berusia 68 tahun itu justru tidak tertarik membicarakannya lebih jauh.

Rockets, di sisi lain, tengah sibuk merombak tim. Mereka ingin memperbaiki susunan pemain agar berpeluang masuk final di masa yang akan datang. Manajer Umum Darryl Morey bahkan membuka peluang untuk menukar siapa saja, termasuk James Harden dan Chris Paul.

Harden sudah bermain untuk Rockets selama tujuh musim. Selama itu pula ia selalu berhasil mengantarkan timnya ke playoff. Harden adalah wajah Rockets saat ini.

Sementara itu, Paul baru bergabung dua musim lalu. Ia membantu D’Antoni dan Harden mengangkat Rockets ke playoff selama dua musim terakhir. Sayangnya, kehadiran Paul tidak juga membuat tim ini menjadi lebih kuat dari Warriors.

Rockets hingga dewasa ini belum mampu mengalahkan tim juara bertahan dengan dua pemain jagoannya.

D’Antoni kini punya satu kesempatan lagi untuk membimbing Rockets ke tingkat yang lebih tinggi. Ia boleh saja menolak memperpanjang kontrak, tetapi jika timnya berhasil musim depan, ada kemungkinan ia berubah pikiran. Sementara ini, D’Antoni hanya akan fokus ke jeda musim. Pasar pemain bebas akan dibuka pada 30 Juni 2019. D’Antoni akan ikut sibuk di pasar pemain bebas itu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar