IBL

Louvre Surabaya akhirnya memperkenalkan secara resmi seluruh anggota tim mereka untuk mengarungi IBL 2020, Kamis, 9 Januari 2020. Mengambil tempat di Harris Hotel Sentraland, Semarang, Jawa Tengah, Louvre mengundang beberapa awak media untuk berjumpa dengan skuat lengkap mereka. Tampak hadir pula pemilik Louvre, Erick Herlangga, dalam acara ini.

“Awal keputusan saya untuk terjun ke dunia basket dan membentuk Louvre terjadi saat saya melihat sebuah video di Youtube yang menampilkan Daniel Wenas. Di sana, Daniel bercerita tentang permasalahannya di IBL 2018-2019 bersama Siliwangi Bogor. Dari sana, saya tergerak untuk membantu dia dan berkontribusi di basket. Jujur, saya tidak tahu banyak tentang basket,” buka Erick.

Daniel sendiri akhirnya menjadi salah satu kepingan pertama yang dikumpulkan Louvre untuk membentuk tim yang sekarang. Bersama Daniel, Erick juga lantas merekrut pelatih Andika Saputra untuk menjadi nahkoda timnya. Seiring berjalannya waktu, Louvre berproses mengumpulkan kepingan demi kepingan pemain yang lantas akan memulai debutnya esok hari, Jumat 10 Januari 2020.

“Awal tim ini terbentuk benar-benar hanya saya dan Daniel,” buka Andika yang akrab disapa Bedu. “Lambat laun, kami berusaha mencari pemain yang sesuai dengan visi kami. Luthfi (Luthfianes Gunawan) bergabung, Hosen (Yurifan Hosen) juga, hingga akhirnya tim yang sekarang bisa terbentuk.”

“Tim ini sebenarnya diberikan target untuk lolos ke playoff. Namun, untuk saya pribadi, kami harus memandang tiap gim sebagai gim terakhir kami, one game at the time. Kami berlatih penuh dengan skuat yang ada paling baru satu bulan terakhir. Oleh karena itu, kami akan berusaha untuk menjadi lebih baik sepanjang musim ini,” lanjut Bedu.

Seperti yang sudah secara berkala diberitakan, Louvre juga merekrut nama-nama pemain veteran dalam diri Wendha Wijaya dan Galank Gunawan. Louvre juga berhasil membawa Dimaz Muharri kembali dari keputusan pensiun yang ia buat 2015 lalu. Ada juga nama pemain naturalisasi Indonesia, Jamarr Johnson di dalam tim ini. Namun, Jamarr dipastikan belum akan bermain karena slot pemain asing Louvre sudah penuh.

Ya, tiga jatah pemain asing Louvre sudah diisi oleh Savon Goodman, Martavious Irving, dan Michael Kolawole. Ketiganya juga sudah tampil di dua laga uji coba yang dilakoni Louvre melawan BBM CLS Knights Surabaya dan Pacific Caesar Surabaya.

“Kami tim baru, kami baru berkumpul dalam waktu singkat. Namun, saya melihat tim ini bisa jadi spesial. Saya pribadi suah cukup sering menghabiskan waktu dengan Ty (Martavious Irving), Mike (Michael Kolawole), dan Jamarr. Lalu para pemain lokal juga cukup terbuka dengan kami, para pemain asing. Saya melihat seri-seri awal ini akan menjadi saat yang tepat untuk membangun chemistry dalam tim demi meraih kemenangan,” Savon Goodman angkat bicara.

Louvre akan bertanding dua kali di seri 1 Semarang ini. Lawan pertama mereka adalah Bima Perkasa Yogyakarta sedangakan sehari setelahnya, Prawira Bandung sudah menanti. Menghadapi dua gim itu, Bedu sekali lagi menegaskan bahwa fokus timnya sekarang hanyalah gim melawan Bima Perkasa. Meski tak ingin membocorkan secara detil persiapan timnya, Bedu mendaku seluruh personel yang ia miliki sudah siap bertarung di gim pembuka IBL 2020.

Seri 1 Semarang IBL 2020 akan digelar di GOR Sahabat, Semarang, Jawa Tengah. Gim antara Bima Perkasa melawan Louvre akan jadi partai pembuka. Rencananya, tepis mula akan digelar pukul 14.30 WIB. Menteri Pemuda dan Olahraga juga dikabarkan akan hadir di gim pembuka tersebut. Total ada tiga gim yang digelar esok hari dan juga ada pesta pembukaan yang menghadirkan beberapa penampil. (DRMK)

Foto: Akhmad Rizal

 

Komentar