IBL

Phoenix Suns masih kesulitan untuk masuk ke zona playoff pada 2019-2020 ini. Namun, mereka sudah lebih baik dari musim sebelumnya. Suns bahkan mampu menjadi tim pertama dengan setidaknya 29 asis dalam 11 pertandingan beruntun pada kurun waktu 25 tahun ke belakang.

Charlotte Hornets merupakan tim terakhir yang mencetak rekor serupa. Hornets mampu mengirim setidaknya 29 asis dalam 13 pertandingan beruntun. Itu terjadi pada 1988-1999. Suns dalam perjalanan untuk menyamai rekor tersebut.

Saat ini, tim asal Phoenix itu sendiri merupakan tim dengan rata-rata asis tertinggi di NBA. Mereka mencetak 28,6 asis per pertandingan. Di bawahnya, Washington Wizards (28,1) dan Memphis Grizzlies (26,6) mengikuti.

Kedatangan Ricky Rubio membuat rata-rata asis Suns menjadi tinggi. Garda utama berkebangsaan Spanyol itu mampu mengirim 9,5 asis per pertandingan. Ia merupakan pengirim asis terbanyak Suns musim ini.

Suns juga termasuk ke dalam tim dengan offensive rating yang tinggi. Mereka ada di urutan 10 besar. Sayangnya, rekor menang-kalah mereka tidak begitu baik. Suns terdampar di urutan 10 dengan rekor 11-16.

Meski begitu, Suns masih punya kesempatan. Kepala Pelatih Monty Williams juga percaya diri. Ia hendak mengantarkan timnya ke playoff. Apalagi dengan kembalinya Deandre Ayton ke susunan pemain setelah masa hukumannya berakhir.

Suns kini menunggu beberapa pemain pulih, termasuk Devin Booker. Pemain andalan itu mengalami cedera dan absen dalam tiga pertandingan terakhir. Seandainya Suns lengkap, Williams merasa punya peluang yang lebih besar untuk meraih kemenangan. (put)

Foto: NBA

Komentar