IBL

Luka Doncic tidak bisa tampil karena cedera engkel. Namun, Dallas Mavericks selamat dari terkaman pemuncak klasemen Wilayah Timur, Milwaukee Bucks. Mavericks menekuk mereka dengan skor 120-116 di Fiserv Forum, Milwaukee, Winconsin, Amerika Serikat, Senin 16 Desember 2019 waktu setempat.

Kristaps Porzingis menjadi pahlawan hari ini. Senter-forwarda andalan Mavericks itu mencetak dobel-dobel 26 poin dan 12 rebound untuk menekuk Bucks di hadapan penggemarnya sendiri. Porzingis menolak pulang dengan tangan hampa meski rekan duetnya tidak tampil.

Selain Porzingis, Seth Curry juga tidak kalah gemilang. Adik Stephen Curry itu mencetak 26 poin juga dari bangku cadangan. Sementara empat pemainnya membantu dengan tambahan dobel digit poin.

Dorian Finney-Smith mencetak 15 poin dan 8 rebound. Jalen Brunson dobel-dobel 13 poin dan 11 asis. Delon Wright 13 poin. Maxi Kleber 10 poin dan 7 rebound.

Di pihak Tuan Rumah, pemain terbaik NBA, Giannis Antetokounmpo, mencetak dobel-dobel 48 poin dan 14 rebound. Kyle Korver menambahkan 17 poin dari bangku cadangan. Ersan Ilyasova dan George Hill 11 dan 10 poin.

Meski begitu, tambahan poin dari para pemain cadangan Bucks gagal menyelamatkan wajah mereka. Antetokounmpo dkk. tidak sesuai ekspektasi. Mereka diprediksi menang karena Mavericks tampil tanpa Doncic. Ternyata malah ditekuk di hadapan penggemar sendiri.

Mavericks tampil gigih hari ini. Porzingis memimpin starter, sementara Curry di unit kedua. Mereka bahu-membahu meraih kemenangan.

Mavericks mampu membuka pertandingan dengan keunggulan. Mereka memimpin 36-22. Namun, Bucks terus mengekor. Mereka membuat selisih menjadi tipis. Mavericks hanya unggul tiga poin 59-56 di paruh pertama.

Porzingis dkk. tidak menyerah. Meski Bucks memiliki pemain terbaik NBA, mereka enggan mengalah. Apalagi lawan juga tampil tanpa Eric Bledsoe. Garda utama andalan mereka mengalami cedera.

Tanpa Bledsoe, Bucks masih punya sebagian besar kekuatannya. Sebab, tim asal Milwaukee itu berpusat pada Antetokounmpo. Sedangkan Mavericks belakangan ini semakin mengandal Doncic. Kehilangannya merupakan kehilangan besar.

Untungnya, Porzingis mampu bermain sangar. Ia mengancam pertahanan lawan. Curry pun begitu. Ia membantu tim dari belakang garis busur besar. Kemampuannya mencetak tripoin membuyarkan pertahanan lawan, sehingga membuka celah bagi Porzingis untuk merangsek masuk ke area ring.

Pada akhirnya, Mavericks menutup pertandingan dengan kemenangan. Mereka mengumpulkan 61 poin lagi di paruh kedua. Mavericks menang empat poin (120-116).

Dengan itu, tim asuhan Carlisle mengantungi rekor 18-8. Mereka akan menghadapi Boston Celtics lusa. Doncic belum bisa bermain saat itu. Namun, Mavericks tetap akan maju,

Bucks, di sisi lain, putus rekor. Sebelumnya, mereka mengantungi 18 kemenangan beruntun. Untungnya, Bucks masih setia menjadi pemuncak klasemen meski kalah hari ini. Mereka menang 24 kali dan kalah 4 kali. (put)

Foto: NBA

Komentar