IBL

NBA mengumumkan bahwa eks komisioner mereka, David Stern, mengalami pendarahan otak. Stern naik ke meja operasi dadakan hari ini, Kamis 12 Desember 2019 waktu setempat. NBA pun menyampaikan doa untuknya dan keluarganya.

Stern sendiri bertugas selama 30 tahun di NBA. Ia menjadi komisioner terlama sebelum menyerahkan jabatan kepada Adam Silver pada 2014 silam. Meski begitu, Stern masih berafiliasi dengan liga, seperti mengurus teknologi olahraga.

Stern membantu NBA berkembang seperti sekarang. Ia bahkan tetap sibuk meski sudah tidak menjabat komisioner. Pada masanya, Stern membentuk WNBA dan D League (sekarang G League).

Pria berusia 77 tahun tersebut juga punya banyak inisiasi demi perkembangan liga. Dari persoalan tes doping, batas gaji, dan aturan berpakaian.

Berkat itu, Stern masuk ke jajaran Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 2014. Ia merupakan orang penting yang membuat NBA bisa sebesar sekarang. Stern bahkan menolak menggunakan kata “pensiun” meski tidak lagi menjabat komisioner. Ia masih ingin terus bekerja.

Kini, Stern terbaring di rumah sakit. Ia membutuhkan penanganan untuk menyembuhkan pendarahan pada otaknya. (put)

Foto: NBA

Komentar