IBL

David Stern, eks komisioner NBA, tutup usia. Ia meninggal pada usia 77 tahun. Stern sebelumnya masuk rumah sakit karena pendarahan di otak.

Stern dirawat sejak Desember 2019 lalu. Kesehatannya memburuk karena penyakitnya sendiri. Sampai akhirnya mengembuskan nafas terakhir hari ini, Rabu, 1 Januari 2020 waktu setempat.

Adam Silver, komisioner NBA saat ini, pun segera angkat bicara. Ia mengenang kembali kiprah pendahulunya di NBA. Silver menyebut Stern sebagai talenta luar biasa.

“Selama 22 tahun, saya melihat David bekerja dari dekat,” kata Silver dalam pernyataan resminya. “Ia merupakan mentor sekaligus sahabat saya. Kami menghabiskan banyak waktu di kantor, di arena, dan di dalam pesawat ke mana pun kami pergi. Seperti legenda NBA lainnya, Davis memiliki talenta yang luar biasa. Selalu memperhatikan hal-hal fundamental—persiapan, detail, dan kerja keras.”

Stern pertama kali bertugas sebagai komisioner NBA pada 1984. Ia telah mengubah wajah NBA hingga menjadi besar seperti sekarang. Stern juga membantu liga membantuk WNBA dan NBA D League (sekarang G League).

Selain itu, Eks Komisioner NBA tersebut ikut mengatur regulasi demi perkembangan liga. Salah tiganya adalah merancang aturan tes doping, batas gaji, dan aturan pakaian. Aturan-aturan itu sampai saat ini masih dipakai.

Stern menanggalkan jabatannya pada 2014 silam. Ia menyerahkan status komisioner kepada Silver. Namun, Stern tidak pernah benar-benar berhenti bekerja. Ia masih membantu liga, seperti mengurus teknologi olahraga.

Kini, Stern telah tiada. Hanya saja, jasanya abadi untuk banyak orang. Para pemain NBA pun ikut angkat bicara. Mereka menyampaikan duka cita dan kekagumannya kepada Stern. Bagaimanapun, NBA bisa sebesar sekarang karenanya.   

LeBron James, Los Angeles Lakers, misalnya, mengunggah fotonya bersama Stern saat pertama kali masuk NBA. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak akan lupa saat Eks Komisioner NBA tersebut memanggil namanya di atas pentas dalam NBA Draft 2003. James menjabat tangan Stern dan tersenyum ke arah kamera.

Sementara itu, Kobe Bryant, legenda Lakers, menyebut Stern sebagai agen perubahan. Menurut Bryant, NBA banyak berubah di bawah asuhannya. Sang Legenda menaruh hormat kepadanya. NBA akan mengenangnya sebagai salah satu yang terbaik. (put)

Foto: NBA

Komentar