IBL

NBA dan NBPA (Asosiasi Pemain) bergerak cepat menyusun rencana untuk musim baru 2020-2021. Dua pembahasan penting yang belum selesai hingga kini yaitu tanggal dimulainya kompetisi dan batasan gaji. Tetapi yang terbaru, justru NBA dan NBPA berbeda pandangan soal "gelembung".

NBA membuat langkah yang bagus untuk melindungi pemain dari penularan virus korona dengan membuat "gelembung" di Walt Disney World Resort di Orlando, Florida. Cara ini terbukti ampuh, sehingga NBA bisa menyelesaikan musim 2019-2020. Bagi NBPA konsep ini bisa digunakan lagi untuk musim 2020-2021. Sebab, sampai sekarang pandemi virus korona belum reda, khususnya di Amerika Serikat.

Tim Bontemps dari ESPN melaporkan bahwa Michele Roberts selaku direktur eksekutif NBPA ingin agar konsep "gelembung" ini tetap dipakai untuk musim depan. Karena sampai hari ini, NBA belum menemukan cara efektif untuk melindungi pemain dari penularan virus korona.

"Saya tidak tahu cara apa lagi yang bisa dilakukan agar liga ini tetap aman," kata Roberts, seperti dikutip dari ESPN. "Bila tidak ada perkembangan yang signifikan, maka cara yang sama bisa dipakai. Para ahli juga mengatakan bahwa "gelembung" NBA adalah cara paling efektif."

Sementara itu, NBA punya pandangan sebaliknya. Meski sudah berhasil membuat skenario "gelembung" berjalan dengan baik. Mereka tidak ingin mengulangi konsep tersebut. Menurut Adam Silver, "gelembung" akan jadi pilihan terakhir mereka. NBA tetap mencari cara agar tim-tim tetap bisa bertanding di arena masing-masing. Selanjutnya, NBA ingin agar penonton bisa datang langsung ke arena. Ini dilakukan agar keuangan liga bisa stabil kembali.

Baca Juga: Alasan NBA Tak Mau Buat "Gelembung" Lagi

Konsep "gelembung" yang dibuat NBA memakan biaya yang mahal. Tetapi bisa menurunkan angka kerugian liga di musim 2019-2020. Meski jumlah pastinya belum bisa dihitung sampai sekarang. Tetapi liga jelas tidak ingin rugi lagi. Adam Silver dan para petinggi NBA ingin kompetisi berjalan mendekati normal. Setidaknya ada penonton, meski jumlahnya dibatasi.

Baca Juga: NBA Targetkan Musim Baru Dimulai 22 Desember 2020

Tampaknya pembahasan ini bakal berlangsung lama. Belum lagi, NBA ingin memajukan tanggal dimulainya kompetisi menjadi 22 Desember 2020. Langkah tersebut dianggap tepat untuk mengakomodir usulan para pemain internasional yang ingin tampil di Olimpiade Tokyo, bulan Agustus 2021. (tor)

Foto: the Washington Post

Komentar