IBL

Setelah menorehkan berbagai prestasi di NBA, Komisioner Adam Silver kembali menerima pinangan liga bola basket tersohor itu. Silver, 56 tahun, menerima perpanjangan kontrak selama lima tahun pada Rabu 27 Juni 2018 waktu setempat. Maka, ia pun akan menjabat sebagai komisioner hingga musim 2023-2024.

Larry Tanenbaum, ketua dewan komisaris NBA sekaligus pemimpin Toronto Raptors, mengatakan, kontrak Silver pada awalnya akan berakhir setelah 2018-2019. Namun, NBA merasakan pertumbuhan yang konsisten selama diasuh oleh Sang Komisioner. Silver, misalnya, mampu melobi kerja sama televisi selama sembilan tahun dengan kontrak senilai AS$24,1 miliar pada 2016.

Belum lagi di bawah kepemimpinannya, NBA mampu menggaet lebih banyak penggemar. Sedikitnya menurut NBA, ada 22,1 juta penggemar hadir di pertandingan-pertandingan musim 2017-2018.

Pada 2016 lalu, Silver juga dipandang berhasil menegosiasi perjanjian kerja dengan National Basketball Player Association (NBPA). Perjanjian ini memudahkan NBA dalam mengakomodasi para pemainnya.

Catatan di atas tentu hanyalah sekian dari banyak prestasi Silver di NBA. Dengan keberaniannya, liga yang berpusat di Amerika Serikat dan Kanada itu juga menghasilkan beberapa kebijakan penting. Silver, misalnya, menjatuhkan larangan seumur hidup kepada bekas pemilik Los Angeles Clippers, Donald Sterling, setelah ia melempar komentar bernada rasis.  

Silver sendiri sudah menjabat sebagai komisioner sejak menggantikan David Stern pada Februari 2014 silam. Sebelum ini, ia juga sempat menjabat sebagai wakil komisioner di bawah Stern. Namun, komisioner NBA terdahulu itu menyerahkan jabatannya untuk regenerasi. Jika dihitung sejak kedatangannya pertama kali pada 1992, itu berarti Silver sudah memiliki pengalaman di NBA selama 26 tahun.

Foto: NBA

Komentar