IBL

Setelah bermain di Piala Presiden Bola Basket 2019, Galank Gunawan pamit dari BPD Bima Perkasa Yogyakarta. Ia merasa gembira bisa membela klub asal Yogyakarta itu meski hanya satu musim kompetisi. Galank berharap Bima Perkasa bisa lebih baik musim depan.

Bima Perkasa adalah klub ketiga dalam karier profesional Galank. Sebelumnya, ia pernah membela Satria Muda (2008-2013) dan Garuda Bandung (2013-2018). Galank bergabung dengan Bima Perkasa di IBL 2018-2019.

"Saya sudah tidak bersama Bima Perkasa lagi. Kontrak saya juga sudah habis dengan tim tersebut," ucap Galank.

Meski hanya satu musim kompetisi, tetapi Galank mampu mencetak rata-rata 5 poin dan 9,2 rebound per laga. Ia juga berkontribusi membawa Bima Perkasa menembus babak playoff.

"Satu musim bersama Bima perkasa adalah musim yang luar biasa buat saya. Pertama, saya bisa bermain untuk klub kota asal saya. Itu merupakan salah satu bucket-list saya," ucapnya. "Saya bersyukur dengan hasil yang kami capai, karena faktanya memang ada peningkatan dari musim sebelumnya. Bahkan, banyak yang mengira kami bisa sampai ke final."

Bima Perkasa mulai tampil di liga basket kasta tertinggi Indonesia pada 2016-2017. Saat itu, mereka ditangani oleh kepala pelatih Liem Jiang Ren atau yang akrab dipanggil Coach J. Namun, prestasinya kurang bagus. Dari 14 laga di babak penyisihan Divisi Merah, Bima Perkasa hanya memetik 2 kemenangan.

Kemudian, pada musim 2017-2018, manajemen mendatangkan Raoul Miguel Hadinoto. Prestasi tim mulai meningkat dengan meraih 6 kemenangan dari 17 laga. Namun, mereka gagal ke playoff karena selisih satu kemenangan dengan Hangtuah.

Perubahan besar terjadi pada 2018-2019. Skenario Bima Perkasa berjalan mulus. Mereka mendatangkan Galank Gunawan untuk memperkuat area kunci. Terbukti, Bima Perkasa bisa mendapatkan 11 kemenangan dari 18 laga. Sayangnya di playoff putaran pertama, Bima Perkasa menyerah (0-2) dari Satria Muda.

"Saya bersyukur berada di tim yang sudah seperti keluarga ini. Walau saya sudah tidak menjadi bagian tim ini, tapi saya akan selalu berdoa semoga Bima Perkasa lebih baik lagi ke depan. Saya berterima kasih kepada semua bagian dari organisasi Bima Perkasa," kata Galank.

Saat ini, belum ada kabar mengenai kelanjutan kariernya. Namun, Galank masih belum memutuskan untuk pensiun dari basket profesional. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar