IBL

Bima Perkasa Yogyakarta datang dengan bekal rasa percaya diri yang tinggi. Selain bermain di hadapan publik sendiri di GOR UNY, lawan yang dihadapi juga sudah pernah dikalahkan dua kali di musim ini. Namun bekal tersebut tampaknya tidak cukup. Menghadapi BSB Hangtuah, hari ini (26/1) di lanjutan Seri 6 IBL 2017-2018, Bima Perkasa tunduk. Hangtuah menang 76-60.

“Rencana strategi (game plan) kami tidak berjalan,” kata A. Moosa Permadi, asisten pelatih Bima Perkasa. “Selain itu, pemain asing kami Anthony McDonald kakinya agak bermasalah. Dia bermain dalam kondisi tidak nyaman malam ini.”

Hangtuah yang sudah kalah dua kali musim ini benar-benar mempelajari kekuatan Bima Perkasa. Menurut kepala pelatih Hangtuah Andika Supriadi, dirinya sampai mempelajari satu-satu kemampuan para pemain Bima Perkasa.

Di kuarter pertama, walau tertinggal 0-7 di menit pembuka, Hangtuah berbalik unggul 20-17 di akhir. Nahshon George mencetak 9 angka dalam akurasi 57 persen. Bima Perkasa sempat unggul 15-5 di kuarter pertama, namun itu menjadi selisih keunggulan terbesar dan setelah itu Hangtuah berhasil berbalik unggul dan tidak terkejar lagi.

“Pemain saya bermain terlalu hati-hati mendekati ragu-ragu. Akibatnya, tembakan yang seharusnya masuk, jadi tidak masuk. Bola yang seharusnya bisa dicuri (steal), malah tidak tercuri,” ujar Andika Supriadi.

Keunggulan Hangtuah terus melebar. Setelah menutup kuarter kedua dengan unggul 39-25, selisih keunggulan melebar menjadi 43-25 di awal kuarter ketiga.

Rotasi pemain yang sangat baik menjadi salah satu kunci kemenangan Hangtuah. Sampai laga usai, dari semua yang turun bermain, hanya Lucky Abdi yang tidak mencetak angka. Poin tertinggi dikumpulkan oleh Nahshon George dengan 22 poin, 12 rebound dan 4 asis. Guard Keenan Palmore juga apik dengan 14 poin, 6 rebound dan 5 asis. Power forward lokal Fidyan Dini berhasil mencetak 13 poin dan 7 rebound.

“Kekurangan kami di laga tadi juga dari bangku cadangan. Pemain cadangan kami sama sekali tidak mencetak angka. Sementara Hangtuah mendapat 34 poin dari para pemain cadangan,” tambah Moosa.

Poin terbanyak Bima Perkasa datang dari Emillio Park dengan 28 poin dan 20 rebound. Yanuar mencetak 10 poin, McDonalds hanya 8 poin, dan Frida Aris menambah 7 poin, 4 rebound dan 3 asis.(*)

Foto: Alexander Anggriawan.

Komentar