IBL

Pertandingan pertama basket 5v5 di nomor putri digelar di Mall of Asia Arena, Pasay, Metro Manila, Filipina, sebagai gim ketiga di hari Rabu, 3 Desember 2019. Gim pertama ini mempertemukan antara juara bertahan SEA Games sebelumnya, Malaysia, dengan Thailand. Thailand tampil dominan di gim ini dengan selalu memimpin sejak tepis mula. Pertahanan yang apik membuat Thailand menutup gim dengan kemenangan telak 70-47.

Kemenangan besar Thailand ini dipimpin oleh pemain naturalisasi yang bermain untuk New York Liberty di WNBA, Tiffany Bias. Bermain selama 36 menit, Tiffany nyaris membukukan tripel-dobel dengan 24 poin, 9 rebound, 7 asis, dan 5 steal. Ia memasukkan 10/29 tembakan dan hanya membuat dua kali kesalahan sendiri (turnover).

Di luar Tiffany, hanya ada satu pemain Thailand lain yang mencetak dua digit angka. Rattiyakom Udomsuk yang memulai gim dari bangku cadangan dan bermain hanya 23 menit mencetak 19 poin dan 7 rebound dari 6/10 tembakan.

“Kami tahu Malaysia adalah juara bertahan di dua gelaran terakhir dan tim yang kuat,” ujar Tiffany usai gim. “Saya senang dengan hasil yang diraih meski secara keseluruhan, kami bisa dibilang baru tampil di level sekitar 70 persen secara tim. Hasil ini adalah pernyataan keras putri Thailand dan semoga kami bisa terus mempertahankan performa,” tutupnya.

Serupa dengan Thailand, hanya ada dua pemain Malaysia yang menyentuh dua digit poin. Pei Jie Tan mencetak 14 poin dan 5 rebound selama 26 menit sementara Chia Qian Tai menambahkan 12 poin plus 6 rebound dengan menit bermain yang lebih sedikit tiga menit. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar