IBL

Putra Indonesia akhirnya meraih kemenangan perdana di basket 5v5 SEA Games 2019, Kamis, 5 Desember 2019. Berhadapan dengan Malaysia, Indonesia berhasil tampil dominan. Unggul selepas tepis mula, Indonnesia berhasil menjaga jarak keunggulan sepanjang gim dan menutupnya dengan kemenangan 101-92.

Lima pemain utama Indonesia berhasil mencetak dua digit angka. Abraham Damar Grahita jadi top skor di gim ini dengan 25 poin, 6 rebound, 2 asis, dan 2 steal dari 9/18 tembakan selama 35 menit. Andakara Prastawa menyusul dengan 24 poin dan 7 asis dari 9/16 tembakan.

Hardian Wicaksono dan Laurentius Steven Oei yang menjadi duet di lapangan depan sama-sama mengemeas 14 poin. Kaleb Ramot Gemilang menutup daftar pencetak angka dengan dua digit ganda usai membukukan 11 poin.

Malaysia juga begitu. Lima pemain mereka mencetak dua digit angka. Sayangnya, tidak ada yang menyentuh angka 20. Ting Chun Hong menjadi top skor dengan 17 poin dan 9 rebound. Lim Perry Lee dan Wong Yi Hou sama-sama mengemas 15 poin. Ooi Xian Fu menambahkan 14 poin sementara Chin Chieng Wah melengkapi daftar dengan 11 poin.

Meski menang, penampilan Indonesia tak bisa dibilang sempurna. Tim asuhan Rajko Toroman ini masih membuat 23 turnover di gim ini. Di gim sebelumnya, saat kalah atas Thailand, Indonesia membuat 29 turnover. Pun turun, angka tersebut masih terbilang cukup besar dan berpeluang membuat Indonesia terpeleset di gim lain.

Selain itu, dari sisi offensive rebound, Indonesia juga kalah. Malaysia berhasil merebut 18 offensive rebound sementara Indonesia tiga angka di bawahnya. Beruntungnya, Malaysia hanya mampu menghasilkan 16 poin dari offensive rebound tersebut.

Putra Indonesia akan melakoni gim terakhir penyisihan grup melawan Kamboja, lusa. Sementara Malaysia akan bertemu Kamboja lebih dulu, esok hari. (DRMK)

Foto: Mei Linda

 

Komentar