IBL

San Antonio Spurs menghadapi pertandingan sengit dengan Houston Rockets di NBA 2019-2020. Mereka sampai harus melewati dua kali babak tambahan (overtime). Spurs keluar sebagai pemenang setelah DeMar DeRozan memasukkan dua tembakan gratis di pengujung pertandingan.

Tim asal San Antonio itu menang tipis 135-133. DeRozan mencetak 23 poin, 5 rebound, dan 9 asis di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Selasa 3 Desember 2019 waktu setempat. Selain DeRozan, empat pemain lain juga produktif.

Lonnie Walker IV bahkan menjadi top skor. Ia mencetak 28 poin dari bangku cadangan. Bryn Forbes di belakangnya dengan 25 poin. Rudy Gay 14 poin. Derrick White 12 poin.

Di pihak Rockets, James Harden tampil garang seperti biasa. Ia mampu mendulang 50 poin hari ini. Lima pemain lain juga produktif. Clint Capela sampai dobel-dobel 22 poin dan 21 rebound. Sementara Russell Westbrook tripel-dobel 19 poin, 10 rebound, dan 10 asis.

Austin Rivers menyumbang 19 poin juga dari bangku cadangan. Ben McLemore menambahkan 11 poin. P.J. Tucker 10 poin, 9 rebound, 2 asis, 3 steal, dan 2 blok. Namun, perolehan kolektif mereka tidak juga menyelamatkan Rockets dari kekalahan.

Spurs memenangkan pertandingan karena berhasil memanfaatkan momentum di overtime kedua. DeRozan mengeksekusi dua tembakan gratis dengan baik. Kemudian, bertahan ketat untuk mempertahankan keunggulan 135-133.

Rockets sebenarnya punya kesempatan untuk menyamai, bahkan melewati perolehan Spurs. Hanya saja, Harden melakukan kesalahan berbuah serangan balik (turnover) akibat offensive foul. Rockets kalang kabut, lalu melakukan pelanggaran lainnya. Walker IV sempat mendapat dua tembakan gratis, tetapi memasukkan satu saja.

Pertandingan antara Spurs dan Rockets berjalan sengit sejak awal. Spurs unggul 27-25 di kuarter satu. Namun, Rockets segera membalikkan keadaan setelah tampil lebih produktif di kuarter selanjutnya. Tim asal Houston itu unggul 63-59.

Rockets sempat melebarkan jarak. Mereka mencetak 34 poin di kuarter tiga. Spurs hanya 22 poin. Skor sementara 97-81.

Dalam kondisi tertinggal, Spurs mati-matian mendekat. Mereka perlahan-lahan berhasil melakukan itu dengan menambah 34 poin lagi. Rockets tertinggal di angka 18. Akibatnya, skor imbang 115-115.

Pertandingan berlanjut ke overtime. Spurs dan Rockets masih sengit meski tenaga terus terkuras. DeRozan sempat memiliki peluang untuk membuat Spurs unggul. Namun, ia gagal melakukannya. Harden, yang juga punya kesempatan itu di pengujung overtime pertama, juga gagal mengeksekusi tembakannya.

Pertandingan terpaksa terus bergulir. Kali ini ke overtime kedua. Spurs dan Rockets terus sengit. Sampai akhirnya DeRozan mendapat kesempatan menembak gratis. Ia memanfaatkan itu dengan baik sehingga Spurs unggul tipis 134-133. Rockets berusaha membalikkan keadaan di sisa waktu yang ada, tetapi mereka tidak berhasil. Walker IV menyegel kemenangan melalui satu tembakan gratis dan Spurs menang 135-133.

Dengan itu, Spurs sudah mengantungi 8 kemenangan dari 22 pertandingan. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Sacramento Kings. Pertandingan berlangsung tiga hari lagi.

Rockets, dengan rekor yang lebih baik (13-7), akan melanjutkan perjalanan ke Kanada. Mereka hendak menantang Toronto Raptors di sana. Pertandingan berlangsung lusa. (put)

Foto: NBA

Komentar