IBL

IBL menggelar IBL Draft 2019. Bursa pilih itu berlangsung di Jakarta, Selasa, 12 November 2019. Tiap tim memilih pemain asing sekaligus ruki di sana.

Pertama, tim-tim IBL mesti memilih pemain asing dalam tiga putaran. Sebab, pada 2020, mereka memang diizinkan merekrut tiga pemain asing. Namun, ketiganya nanti tidak bisa tampil bersamaan. Salah satu wajib berada di bangku cadangan.

Louvre Surabaya, tim baru IBL, mendapat giliran pertama. Mereka memilih Savon Goodman. Senter asal Amerika Serikat itu sebelumnya bermain untuk tim juara Stapac Jakarta. Hanya saja Stapac memutuskan mundur dari kompetisi.

Selain Goodman, beberapa nama familiar muncul. Dua di antaranya bahkan selalu ada sejak tiga tahun silam. Mereka adalah Gary Jacobs (Satria Muda Pertamina Jakarta) dan David Seagers (Bima Perkasa Yogyakarta).

Setelah pemain asing, IBL mengumumkan pemain rekomendasi alias binaan. Ada tujuh pemain yang masuk kategori itu. Salah satunya Rivaldo Tandra yang sudah direkrut Satria Muda pada 2018. Rivaldo tidak bisa bermain karena IBL menggunakan sistem draft ruki pertama kalinya musim itu.

Dengan sistem pemain rekomendasi, Rivaldo akhirnya bisa tampil membela Satria Muda. Belakangan ini, ia sendiri sibuk mengikuti pemusatan latihan bersama tim nasional 3x3 Indonesia. Rivaldo memiliki kesempatan untuk mengikuti SEA Games 2019.

Dari pemain rekomendasi, IBL melangkah ke bursa pilih ruki. Bursa pilih itu berlangsung dalam dua putaran. Louvre lagi-lagi mendapat kesempatan lebih dulu. Tim asal Surabaya itu memilih Nikholas Mahesa.

Selanjutnya, Satya Wacana Salatiga menunjuk Alexander Franklin. Sementara Amartha Hangtuah yakin dengan Firman Yohanes. Tim lainnya menyusul. Namun, NSH—yang mendapat giliran terakhir—tidak menggunakan hak pilihnya pada putaran pertama.

NSH baru memilih pada putaran kedua. Mereka merekrut Fahrul Asyam. Louvre juga mengambil satu pemain lagi, yaitu Dio Syahputra. Sedangkan tim lain tidak mengambil siapa pun.

Dari bursa pilih tahun ini, berarti ada 17 ruki terpilih dari 33 calon termasuk pemain rekomendasi. Sementara jumlah pemain asing terpilih mencapai 27 dari 240 calon. Mereka akan mulai berkompetisi pada Januari 2020. (put)

Foto: Dok. Satria Muda Pertamina Jakarta

Komentar