IBL

Pensiunan Miami Heat Dwyane Wade tidak akan jauh-jauh dari liga yang membesarkan namanya. Ia memang pensiun pada April 2019 setelah 16 musim bermain. Meski demikian, NBA mengajaknya kembali berkutat dalam dunia basket sebagai analis pertandingan di program “NBA on TNT” yang dikelola oleh WarnerMedia.

Ia tidak tampil sendirian. Mantan pemain Miami Heat bersponsor Li-Ning itu akan bersanding dengan mantan kompatriotnya Shaquille O’Neal, bintang WNBA Candace Parker, Charles Barkley, dan Kenny Smith. Wade dijadwalkan akan mengudara setiap selasa malam. Pengalamannya di atas lapangan kayu dengan berbagai prestasi yang ditorehkan jadi portofolio yang cukup untuk meyakinkan pihak televisi untuk mengontraknya.

Dwayne Wade (tengah) saat tampil sebagai Analis Tamu pada final NBA tahun 2015.

Setelah pensiun, Wade menyadari bahwa industri hiburan dipandang sebagai lahan basah yang layak untuk ditekuni. Oleh karenanya, ia dan rekan mendirikan sebuah agensi media bernama 59th & Prairie Entertainment. Dari sinilah Wade mencoba mengembangkan bakatnya untuk tampil di depan kamera. Agensinya sukses membawakannya pekerjaan lain selain bersama WarnerMedia. Lewat kerja sama yang dibangun agensinya dengan Turner Sports, ia akan tampil sebagai analis untuk NCAA Final Four dan memandu proyek yang dibangun Bleacher Report.

“Saya menghormati kesepakatan jangka panjang yang dibangun oleh tim TNT. Mereka punya komitmen untuk membangun industry hiburan olahraga berkualita,” kata Wade dalam rilis pers. “Setelah 16 musim di NBA, lanjutnya, Saya ingin terus terkoneksi dengan para penggemar sebagai sosok baru dan ingin menyebarkan kecintaan pada basket dengan cara berbeda.

Jeff Zucker, petinggi WarnerMedia News & Sports, mengagungkan kapabilitas Wade di bidang yang akan ia lakoni. "Dwyane (Wade) adalah sosok spesial. Ia punya kemampuan untuk menarik atensi khalayak ramai lewat kharisma yang dibangun di dalam dan luar lapangan. Kami senang sekali ia tergabung dengan tim WarnerMedia untuk menyajikan program terbaik," tuturnya kepada USA Today

Bakatnya di dunia entertainment sudah diramalkan awal tahun ini. Sebuah artikel yang diterbitkan The New York Post pada 23 April 2019 menyebut bahwa suami Gabrielle Union ini bisa jadi bintang televisi masa depan. Kharismanya digadang-gadang akan dengan mudah mengundang penonton. Pendapat itu berdasar pada rekam jejaknya semasa bermain. Namanya kerap mendapat suara yang banyak saat proses pemungutan suara untuk NBA All-Star Game. Wajar bila ia sudah tampil 13 kali di sana. Penjualan seragam tandingnya pun menunjukkan angka yang baik.

Popularitas Dwyane Wade itu membawa berkah pula dalam hal endorsemen meski tak lagi bermain. Wade sudah sepakat menjalani kontrak seumur hidup dengan raksana olahraga asal Cina Li-Ning. Sepatu khususnya dikabarkan akan terus diproduksi. Ia juga meraup pendapatan jutaan Dollar AS sebagai bintang iklan minuman berenergi Gatorade dan jam tangan Hublot. (ajb)

Foto: Sport Illustrated

Komentar