IBL

Pada NBA Pramusim 2019, Pelicans mendapat perhatian lebih dibanding musim sebelumnya. Ruki Zion Williamson menjadi daya tarik utama bagi pengemar NBA di seluruh dunia. Mereka menanti penampilannya setelah hanya tampil satu pertandingan di NBA Summer League 2019. Selama pramusim, Zion menunjukkan kelasnya sebagai calon kuat Rookie of the Year.

Selain Zion, Pelicans mempunyai ruki potensial lain. Namun, tidak terlalu diekspos media. Pemain itu adalah Nickeil Alexander-Walker.

Nickeil merupakan alumnus Virginia Tech University. Dia memiliki statistik efisiensi serangan 0,9 dengan menggunakan 16,6 penguasaan selama dua tahun bermain di kampus. Selain berperan sebagai kontributor produktivitas angka, Nickeil dapat berperan sebagai fasilitator. Dia memiliki rata-rata asis empat dengan rasio di atas satu. Dengan performa tersebut, Nickeil dipilih oleh Pelicans pada urutan ke-17 putaran satu NBA Draft 2019.

Nickeil mendapatkan keuntungan dari cederanya Zion di Summer League 2019. Pelicans menjadikannya sebagai pusat permainan. Nickeil memiliki rata-rata 24,3 angka dengan presentase keberhasilan tembakan 41 persen. Peran fasilitator kembali diperlihatkan. Dia memiliki rata-rata 6 asis.

Kembalinya Zion dari cedera akan berdampak pada peran Nickeil sebagai pusat permainan. Prediksi tersebut benar, Zion mengambil peran penting di pramusim. Ruki nomor satu itu memiliki rata-rata produktivitas angka tertinggi di Pelicans. Bahkan, Zion menjadi pemain dengan efektivitas tembakan (eFG%) tertinggi. Sementara itu, Nickeil memiliki rata-rata produktivitas angka di bawah Zion, yaitu 15,4. Namun, memiliki efisiensi bersih yang lebih baik dibanding Zion.

Nickeil memiliki efisiensi serangan yang mendukung kesuksesan tim, yaitu 1,1 angka pada setiap penguasaan. Namun, efisiensi serangan tersebut belum cukup untuk mengungguli Zion. Faktor efisiensi bertahan menjadi keunggulan Nickael untuk memiliki efisiensi bersih yang lebih baik dibanding Zion. Nickael memiliki kemasukkan 0,9 angka pada setiap penguasaan lawan. Sedangkan Zion memiliki kemasukkan 1,0 angka pada setiap penguasaan lawan.

Dengan kemampuan tersebut, Nickeil menjadi pemain potensial untuk Pelicans di masa depan. Pertanyaannya: Dapatkah ia mempertahankan performa efisiensi ketika menghadapi Stephen Curry atau James Harden? Itu akan menjadi tantangan menarik bagi Nickeil untuk menunjukkan potensi yang sebenarnya.

Foto: NBA

Komentar