TIMNAS

Pemain veteran Houston Rockets, P.J Tucker, sudah punya nama beken di kancah persepatuan NBA. Ia dua tahun berturut-turut bergelar Sneaker King. Statusnya itu, sayangnya, masih belum bisa membawanya pada endorsemen sepatu. Namun, sinyal berlabuh dengan satu merek mulai ditampilkan saat sedang tampil dalam program YouTube bertajuk Sneaker Shopping. Acara ini diakhiri dengan pernyataan bahwa kita bisa segera mendapatkan kabar ke mana Tucker menandatangani kontrak endorsemen dalam waktu dekat.

Tucker beberapa tahun ke belakang punya relasi khusus dengan Nike. Keduanya menjalin kerja sama endorsemen namun tidak seperti umumnya. Tucker hanya diberi klausa untuk memakai sepatu-sepatu berstatus langka dari Si Contreng. Maka, tidaklah mengherankan bila kemudian sepatu-sepatunya hanya dari Nike dan Jordan. Tucker hanya sekali mendapat sepatu eksklusif (PE) memakai basis Nike Hyperdunk Low X tahun 2018.

Pemain berusia 34 tahun itu sempat diberitakan dekat ke merek-merek besar. Laman berita CNBCC  pada 2017 mengaitkan Tucker dengan adidas karena James Harden didapuk sebagai duta. Nick DePaula dalam cuitannya pada 20 Juni 2018 berujar bahwa merek Cina 360 Degrees sudah memberi tawaran bernilai belasan juta Dollar AS kepada Tucker. Namun, klausa itu ditolak dengan alasan yang tidak diumumkan.

Dalam video berdurasi 10 menit tersebut, Tucker mulai membuka obrolan mengenai Puma. Ia mengapresiasi kinerja merek asal Jerman itu dalam bentuk dukungan terhadap pebasket muda di NBA. “Mereka punya pilihan ke mana akan berlabuh. Para pemain juga punya tempat baru untuk meluapkan ide dan kreativitasnya dalam membuat sepatu yang diinginkan,” katanya.

Pujian ini bisa jadi sinyal bahwa Tucker membuka diri apabila Puma agar meminangnya. Asumsi itu diperkuat dengan jawabannya saat ditanya tentang lima sepatu harian. Ia memasukkan Puma Clyde dalam pilihan. Siluet tersebut merupakan versi berbeda dari Puma Suede dan jadi salah satu yang terlaris. Clyde adalah nama panggilan dari Walter Frazier, legenda New York Knicks yang kini berprofesi sebagai komentator.

Baca juga: Kerap Bersepatu Mentereng, P.J Tucker Raih Gelar NBA Sneaker King 2019

Obrolan-obrolan lain juga terlontar di sana. Tucker mengungkapkan perkembangan kultur sneaker dewasa ini juga memberi pengaruh pada para pebasket lain. Contohnya Kyle Kuzma. Ia merupakan duta aplikasi beli daring GOAT. Penggawa Los Angeles Lakers tersebut juga baru bergabung dengan Puma.  Dan, sekali lagi, ia menyebutkan pabrikan asal Jerman itu meski kali ini secara implisit.

P.J Tucker berbelanja AS$33.000 untuk delapan buah sepatu. Kesemuanya merupakan edisi terbatas dari Nike, Jordan, Reebok. Vans dan adidas.

Foto: Complex

Komentar