IBL

Pagelaran NBA Awards 2019 telah berakhir. Deretan sosok penting di liga basket putra tertinggi Amerika Serikat itu sudah mendapat piala atas kontribusinya. Selain itu, ada sebagian pebasket yang juga menerima ganjaran atas hal positif lain yang mereka lakukan. Salah satunya adalah P.J Tucker yang mendapat gelar NBA Sneaker King 2019.

Penggawa Houston Rockets itu menerimanya dua tahun berturut-turut. Ia sukses mengalahkan para pebasket yang punya koleksi sepatu basket mentereng di NBA seperti Chris Paul, James Harden, LeBron James, dan lain sebagainya.

Masih belum dapat dipastikan apakah Tucker merupakan duta Nike atau bukan. Hal itu berdasar pada kebiasaannya yang mengoleksi barang-barang langka hanya dari Nike maupun Jordan. Mulai dari edisi terbatas, eksklusif pemain (PE), seri kampus, juga edisi khusus yang dibuat dalam jumlah terbatas. Tak hanya memamerkan, ia bahkan hingga menggunakannya bertanding.

Bahkan, momen penganugerahan trofi juga menampilkan sepatu Nike edisi terbatas. Tucker mengenakan Nike Air Max 90 Premium “Warhawk”. Desain modifikasinya terinspirasi dari pesawat perang Curtiss P-40 Warhawk milik angkatan udara Amerika Serikat. Jam terbang pesawat ini lebih banyak terjadi saat Perang Dunia II. Ciri khasnya datang dari motif mulut hiu yang ada di sol sisi luar. kabarnya, sepatu ini hanya dibuat dalam bentuk sampel.

Complex telah merangkum sepatu terlangka yang dipakai P.J Tucker musim ini. Daftar tersebut menjadi modal berharganya untuk menyabet status Raja Sneaker di NBA musim 2018-2019:

Nike LeBron VI “Stewie Griffin

Sepatu ini terinspirasi dari karakter Stewie Griffin di karakter kartun “Family Guy” yang populer di Negeri Paman Sam. Tucker menggunakannya di laga Natal 2018. LeBron James memesannya langsung kepada Nike untuk diberikan kepada kerabat terdekatnya. Siluet ini tidak pernah muncul di gerai Nike maupun situs jual beli daring seperti StockX, Grailed, maupun eBay. Namun, setelah Tucker memakainya di lapangan, Nike LeBron VI “Stewie Griffin” muncul di situs tersebut dengan banderol AS$20.250.

Nike Hyperdunk Lox X PE “PJ 17

Setelah sekian lama memakai sepatu langka Nike di NBA, pihak pabrikan pun akhirnya membuatkan edisi eksklusif pemain untuk Tucker. Siluet yang diambil adalah Hyperdunk Low X, sepatu basket yang waktu itu sedang getolnya dipromosikan.Momen ini begitu berharga bagi Tucker hingga ia membuat beberapa kali unggahan di Instagram pribadinya tentang sepatu PE pertamanya.

Nike LeBron III “Glow in the Dark

LeBron James tampaknya jadi siluet favorit Tucker untuk dipakai bertanding di bawah bendera Houston Rockets. Pada 19 Januari 2019, ia memakai sepatu pebasket berjuluk Sang Raja dalam warna hitam. Sepatu tersebut adalah edisi khusus Nike LeBron III yang dapat menyala dalam gelap (glow in the dark). Pebasket Los Angeles Lakers sempat mengunggahnya di Instagram pada 11 Januari 2014. Setelah itu, siluet ini serasa tenggelam dan tak pernah terekspos media hingga Tucker memakainya lima tahun kemudian.

Trophy Room x Air Jordan 5 FNF

Tidak ada yang menyangkal koneksi luas P.J Tucker untuk mendapatkan sepatu basket berlabel langka. Salah satunya adalah siluet yang dibuat kurang dari 100 pasang untuk kalangan tertentu, yang sering disebut sebagai edisi khusus kerabat (Friends and Family). Hal itu lagi-lagi ia lakukan saat membela timnya melawan Golden State Warriors di final wilayah barat. Sepatu yang dipakainya kali ini tidak diproduksi massal dengan ciri warna merah menyala. Sementara edisi global berwarna biru langit yang mungkin masih bisa ditemui di situs jual beli sneaker.

Aleali May x Air Jordan X

Aleali May merupakan desainer wanita pertama yang berkolaborasi dengan Jordan. Hal ini dilakukan Sang pabrikan untuk lebih membuka pasar wanita penikmat sneaker. Visi itu diperkuat dengan produksi sepatunya yang dibuat hanya ukuran wanita, paling besar ukuran 44 (US 10.5). Sementara itu, P.J Tucker yang berukuran 47 (US 13) memiliki siluet ini sesuai dengan ukuran kakinya.

Foto: ESPN, Bill Baptist/Getty Images, Noah Graham/Getty Images, Melissa Majchrzak/Getty Images

Komentar