TIMNAS

Los Angeles Lakers segera menjalani pertandingan perdana di NBA 2019-2020. Pertandingan berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Selasa 22 Oktober 2019 waktu setempat. Namun, Kyle Kuzma belum bisa membela tim. Ia masih harus memulihkan diri dari cedera kaki.

Meski begitu, semangat pemain muda Lakers itu untuk kembali ke lapangan tetap tinggi. Kepala Pelatih Frank Vogel bahkan mengatakan, Kuzma tidak sabar untuk bermain lagi. Ia berusaha mengikuti segala arahan agar benar-benar bisa ikut membela tim sesegera mungkin.

“Saat ini, kami mencoba meningkatkan aktivitasnya, dan kami tidak akan melihat dua hari dari sekarang," kata pelatih kepala Lakers Frank Vogel baru-baru ini, lewat Dave McMenamin dari ESPN. “Kami akan mencoba meningkatkan beban kerja dan aktivitasnya minggu ini, dan kami akan melihat hasilnya.”

Saat ini, Kuzma memang terus menunjukkan kemajuan. Ia sudah boleh berlatih tanpa kontak dalam setengah lapangan. Vogel juga mengatakan, setelah ini kemungkinan ia punya kemajuan lain.

Kuzma sendiri selama dua musim di NBA berhasil menunjukkan potensinya. Ia tampil dalam 147 pertandingan reguler dengan rata-rata 17,3 poin, 5,9 rebound, dan 2,2 asis. Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) mencapai 45,3 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) 52,1 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 54,8 persen.

Musim lalu, Kuzma bermain dalam 70 pertandingan dengan menjadi starter 68 kali. Ia mencetak rata-rata 18,7 poin, 5,5 rebound, dan 2,5 asis. Menit bermainnya mencapai 33,1 menit per pertandingan.

Saat itu, FG% Kuzma berada di angka 45,6 persen. Dengan eFG% menyentuh 51,5 persen. Sementara TS% 54,6 persen,

Sayangnya, Kuzma gagal mengantarkan Lakers ke playoff. Padahal mereka sudah absen di babak itu sejak 2013. Lakers sangat merindukan playoff. Sehingga mereka akan berjuang untuk mencapai babak itu pada 2019-2020.

Lakers kini punya LeBron James dan Anthony Davis yang bisa diandalkan untuk membawa tim kembali ke jalur juara. Namun, mereka juga membutuhkan Kuzma untuk ikut memperkuat tim. Oleh karena itu, forwarda berusia 24 tersebut mesti sembuh dengan benar. Kebetulan Kuzma juga mengerti.

“Yang utama adalah memastikan saya sehat dan siap,” kata Kuzma. “Ini musim yang panjang, jadi absen di malam pembuka tidak akan memengaruhi mental saya atau apa pun.”

Dengan pernyataan itu, Kuzma memastikan Lakers untuk tidak khawatir. Mereka bisa bermain tanpanya sementara waktu. Apalagi Lakers punya beberapa pemain senior yang bisa diandalkan. Kuzma akan memulihkan diri dengan tetap menjaga motivasinya untuk kembali ke lapangan. (put)

Foto: NBA

Komentar