IBL

Washington Wizards berusaha mengikat Bradley Beal dalam jangka waktu yang lama. Mereka menyodorkan perpanjangan kontrak agar Sang Pemain bertahan di Ibukota. Wizards mengumumkan hal itu hari ini, Kamis 17 Oktober 2019 waktu setempat.

Kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani tambahan kerja sama selama dua tahun. Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, nilainya mencapai AS$72 juta. Kontrak itu sendiri akan berlaku mulai 2021. Dengan opsi tahun terakhir berada di tangan pemain.

Kerja sama ini semakin menegaskan betapa pentingnya Beal bagi Wizards. Mereka terus mengandalkannya sejak pertama kali muncul pada 2012. Wizards bahkan berani menyodorkan kontrak maksimal dengan durasi lima tahun pada 2016 silam agar Beal bertahan.

“Bradley merupakan cerminan karakter yang tinggi, pemain yang mengutamakan tim yang mewakili penggemar dan kota kami dan kami sangat senang untuk memperpanjang mengontraknya,” kata pemilik Wizards Ted Leonsis dalam pernyataan resminya. “Kesepakatan ini menutup jeda musim yang sangat produktif dengan struktur kepemimpinan baru kami yang secara cerdas dan efisien memajukan klub ke arah yang positif.”

Saat ini, Beal masih mengantungi sisa kontrak dua tahun dari kontak lamanya. Ia sebenarnya bisa menjadi pemain bebas pada 2021. Namun, memilih untuk memperpanjang kontrak sehingga masa baktinya jadi lebih lama. Setidaknya ia bisa bermain bersama Wizards sampai 2023. Itu pun jika ia mengambil opsi pemainnya.

Selama ini, kontribusi Beal untuk Wizards terbilang besar. Teonsis mengetahui hal itu. Kepala Pelatih Scott Brooks pun begitu.

Pada musim 2018-2019 saja, Beal memikul beban di pundaknya. Apalagi mengingat John Wall yang tengah cedera. Beal tampil semusim penuh tanpa pernah absen. Ia mencetak rata-rata 25,6 poin, 5 rebound, 5,5 asis, dan 1,5 steal.

Persentase tembakan keseluruhan (FG%) Beal mencapai 47,5 persen. Dengan efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) menyentuh 54 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 58,1 persen.

Meski sudah mati-matian, Wizards gagal menembus playoff musim lalu. Beal terpaksa libur lebih dulu. Namun, semangatnya untuk bangkit tidak pernah padam. Ia ingin mengantarkan Wizards untuk kembali melakoni pertandingan pascamusim reguler pada 2019-2020.

Dengan perpanjangan kontrak, semangat Beal semakin tinggi. Mark Bartelstein dari Priority Sports mengungkapkan bahwa kliennya senang menetap di Washington. Ia akan bersiap untuk melakoni musim baru.

“Brad selalu mengatakan kepada saya, bahwa di dunia yang sempurna, ia tidak akan pernah meninggalkan Washington. Ia merasa memiliki kewajiban untuk menjadi titik fokus dalam mengubah Wizards menjadi tim elit. Ia sangat senang dengan semua sumber daya yang dikucurkan Ted kepada klub dan senang betapa berkomitmennya (Leonsis) dan (Manajer Umum) Tommy (Sheppard) untuk membangun sesuatu yang istimewa.”

Selama dua musim terakhir, Beal telah mengerahkan semuanya. Ia bermain lebih lama daripada pemain NBA lainnya. Beal tidak pernah absen di pertandingan reguler. Dan kini ia siap melakukannya lagi. (put)

Foto: NBA

 

Komentar