IBL

Laman Footwear News mengabarkan bahwa pabrikan olahraga Nike melayangkan tuntutan terhadap Skechers atas dugaan peniruan produk. Surat tuntutan telah dilayangkan ke Pengadilan Amerika Serikat untuk Negara Bagian California beberapa waktu lalu.

Dalam laporannya, Skechers dianggap meniru Sepatu Nike Air Max 270 dan VaporMax untuk beberapa edisi sepatu. Keduanya sudah didaftarkan ke lembaga Hak Cipta dan Karya Intelektual Negeri Paman Sam. Oleh karena itu, Nike merasa punya hak untuk mempertahankan argumentasi mereka dan punya wewenang untuk menindak siapa saja yang berusaha meniru desain mereka secara ilegal. Nike menggunakan istilah Skecherized untuk praktek yang dilakukan perusahaan asal Manhattan itu. Nama produk yang dianggap meniru adalah Skechers Skech-Air Atlas, Skech Air-92, Skech-Air Stratus, dan Skech-Air Blast.

Pengiriman laporan ini pun berdasar. Si Contreng sudah mendaftarkan teknologi sol sepatu bernama Air pada 1987, bersamaan dengan perilisan Air Max 1. Nike VaporMax diperkenalkan pada Air Max Day tahun 2017, surat perlindungan desainnya diterbitkan 4 Juni. Sedangkan Nike Air Max 270 diperkenalkan kembali pada pertengahan 2018 dan sudah melewati proses pematenan karya. Suratnya dirilis pada 10 dan 24 September.

“Nike melayangkan surat gugatan ini guna melindungi karya dengan dasar inovasi. Tak lupa juga agar Skechers berhenti mengambil desain kami secara sembarangan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya,” tulis Nike dalam surat yang diterbitkan.

Melakukan tuntutan untuk melindungi karya sudah dilakukan Nike sejak lama. Pada 2014, mereka menggunakan nama Converse Inc, yang merupakan anak perusahaan, untuk menuntut Skechers juga 24 perusahaan lain yang membuat sepatu menyerupai Chuck Taylor All-Star. Dua tahun kemudian, Nike kembali menyeret Skechers ke pengadilan setelah dianggap meniru desain sepatu Nike Free dan Flyknit.

Januari 2019 lalu, Vans juga melakukan hal serupa. Merek sepatu yang didirikan Paul Van Doren itu menunjuk gerai busana Target dan Primark atas dugaan meniru desain sepatunya. Ada beberapa poin yang jadi alasan. Anda bisa membaca berita lengkapnya melalui tautan ini.

Tuntut-menuntut dari Nike dan Vans memang belum membuahkan hasil sesuai harapan mereka. Meski begitu, apa yang dilakukan ini bisa melindungi produk mereka dari pendomplengan desain. (ajb)

Nike Air Max 270

Skechers Skech-Air Stratus

Foto: Nike, Skechers

Komentar