IBL

Oklahoma City Thunder mengambil keputusan besar dengan memulai pembangunan ulang (rebuild) skuat mereka secara total di pasar pemain bebas kali ini. Wacana ini dimulai dengan pertukaran bintang mereka, Paul George, ke Los Angeles Clippers yang berujung pada deretan hak memilih di masa depan. Tak berselang lama, pemain sekaligus kapten tim yang sudah bermain 11 tahun untuk Thunder, Russell Westbrook, juga masuk paket pertukaran ke Houston Rockets.

Pertukaran Westbrook membuat senter Thunder, Steven Adams, kini tercatat sebagai pemain terlama yang mengabdi untuk Thunder. Sejak masuk ke NBA sebagai pilihan ke-12 NBA Draft 2013, Adams belum sekalipun berpindah tim. Menariknya, ia sebenarnya tak pernah benar-benar disebut sebagai wajah utama Thunder dan ia justru bertahan paling lama.

Sejujurnya, nama Adams tak sepenuhnya lepas dari isu pertukaran. Bahkan, sebelum pertukaran Westbrook, Adams menjadi nama pertama yang disebut-sebut bakal ditukar ke tim lain bersama Dennis Schroder. Namun kenyataannya, ia masih ada di tim hingga NBA Media Day Thunder.

Dalam wawancara terbaru dengan New Zealand Herald, Adams mendaku betapa sulitnya melewati isu pertukaran itu. “Hal ini (isu pertukaran) bukanlah hal yang hanya sekadar Anda baca di media lalu Anda terkejut saat benar-benar terjadi. Jika hal ini terjadi kepada orang lain, peluang hal serupa terjadi kepada Anda tentu juga terbuka besar,” terangnya.

“Isu seperti ini jelas akan mempengaruhi Anda, karena Anda adalah manusia biasa. Tentu saja saya masih sangat memikirkan segala sesuatu tentang organisasi ini. Meski dengan terpaan isu tersebut, organisasi ini harus tetap berjalan dengan baik dan Anda harus terus menanamkan hal itu di pikiran Anda,” lanjutnya.

Selama di Thunder, Adams terhitung sudah kehilangan sederet rekan satu tim yang luar biasa. Selain George dan Westbrook, pemain asal Selandia Baru ini juga sudah ditinggal pergi Kevin Durant, Serge Ibaka, Dion Waiters, Nick Collison (pensiun), hingga Carmelo Anthony.

“Kami semua (pemain) di sini hanya berusaha membantu yang terbaik untuk Thunder. Jika kami bisa meninggalkan beberapa jejak baik dalam sejarah tim ini, tentu itu adalah hal yang luar biasa. Meski nantinya mereka akan menukar saya, saya sudah cukup bangga bermain di tempat ini. Organisasi ini adalah organisasi yang spesial,” tutup pemain berusia 26 tahun tersebut.

Foto: NBA

 

Komentar