IBL

Argentina berhasil lolos ke final Piala Dunia 2019. Mereka menang atas Prancis di semifinal dengan skor 80-66. Argentina menang berkat penampilan garang Luis Scola. Forwarda senior Argentina itu menorehkan dobel-dobel 28 poin dan 13 rebound di Wukesong Sport Center, Beijing, Cina, Jumat 13 September 2019.

Selain Scola, tiga pemain Argentina lainnya juga mencetak dobel digit angka. Gabriel Deck 13 poin. Facundo Campazzo 12 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Luca Vildoza 10 poin, 4 rebound, dan 3 asis.

Sementara itu, Prancis kembali mengandalkan duo garda mereka. Evan Fournier dan Frank Ntilikina sama-sama mencetak 16 poin. Nando De Colo, garda lainnya, menambahkan 11 poin. Namun, persentase tembakan keseluruhan Prancis rendah di angka 39 persen.

Argentina, di sisi lain, masih lebih baik. Mereka mampu memasukkan 41 persen tembakannya. Scola menjadi pemain paling sering melepas dan memasukkan tembakan untuk Argentina. Ia mencetak 8 dari total 17 tembakannya.

Argentina lantas memimpin kuarter satu dengan skor 21-18. Scola menunjukkan kualitasnya sebagai seorang senior saat itu. Ia membantu timnasnya untuk naik ke atas angin sejak awal pertandingan.

Scola bahkan mampu mencetak dobel-dobel. Di kuarter dua, ia sudah mengumpulkan 13 poin dan 10 rebound. Sementara Argentina melebarkan jarak dengan selisih tujuh poin (39-32) dari Prancis.

Selain Scola, Campazzo juga produktif. Ia mengumpulkan 8 poin, 3 rebound, dan 1 asis untuk A. Prancis, di sisi lain, bertumpu pada perolehan kolektif. Fournier dan Louis Labeyrie mencetak 9 poin dan 8 poin. Kemudian, Ntilikinia dan De Colo menambahkan masing-masing enam poin.

Di kuarter tiga, Scola tetap konsisten dengan ancamannya. Ia bahkan mampu melepas tembakan-tembakan tiga angka. Dalam pertandingan ini, ia mencetak 3 tripoin dari 4 percobaan. Sementara Prancis justru kesulitan. Labeyrie tidak mencetak poin lagi. Senter Rudy Gobert bahkan hanya mencetak tiga poin sepanjang pertandingan. Padahal di pertandingan sebelumnya melawan Amerika Serikat ia bisa mencetak dobel-dobel.

Setelah itu, Argentina terus menjaga asa. Mereka unggul perolehan poin 20-18 di kuarter empat. Perolehan itu membuat Argentina menang dengan selisih total 14 poin (80-66).

Argentina kini berhak melaju ke final. Mereka akan menantang Spanyol yang sudah lebih dulu ke sana setelah mengalahkan Australia. Pertandingan final itu sendiri berlangsung lusa di Beijing. (put)

Foto: FIBA

Komentar