IBL

Konsep sepatu masa depan menurut Nike adalah ketika alas kaki telah terkonfigurasi dengan gawai. Hal itu mereka tegaskan lewat teknologi Electrive, Adaptive, and Reactive Lacing (E.A.R.L) yang diterapkan pada Hyperadapt. Setelah membuatnya dalam siluet sepatu lari dan basket, Nike mengumumkan pengembangan sepatu lari Huarache yang dapat dikontrol melalui aplikasi Siri dan arloji pintar Apple Watch.

Huarache merupakan sepatu lari Nike yang kali pertama dirilis pada 1991. Sementara itu, mesin E.A.R.L mereka kenalkan pada 2017. Keduanya digabungkan guna menghadirkan sepatu lari jenis baru. Demi meningkatkan kedekatan, Nike telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi Apple Inc. untuk mengkonfigurasi kontrol sepatu melalui aplikasi Siri dan Apple Watch. Alhasil, pengguna iPhone yang memiliki Huarache model baru ini bisa memberi instruksi melalui perintah suara (voice recognition).

Perintah suara tidak hanya untuk kerapatan sepatu. Nike telah menyertakan instruksi lain seperti mengubah warna lampu, pengubahan sistem, dan lain sebagainya.

Sepatu ini dinamai Adapt Huarache. Dalam sepatu ini, terdapat mesin yang juga memuat memori agar kita bisa menyimpan konfigurasi kerapatan. Saat pertama kali memakai, Hyperadapt akan melakukan penggambaran ukuran kaki lalu mesin akan mengingatnya sehingga kita hanya perlu membuka ulang instruksi tersimpan. Hal itu menghemat waktu untuk menali saat akan beraktivitas dan melepasnya ketika pulang.

Laiknya sepatu Hyperadapt edisi sebelumnya, Adapt Huarache akan menyertakan sepaket lengkap sepatu beserta alat kelistrikan. Sebut saja pengisi daya, kotak sepatu berukuran besar, buku panduan, dan lain sebagainya.

Desain dan pemilihan padanan warna dibuat mengikuti tren Chunky Sneaker yang tengah digandrungi. Laman Highsnobiety merilis album foto memadankan Adapt Huarache dengan gaya berbusana taktikal ala streetwear modern. Kesan klasik ditampilkan dari bentuk garis sepatu yang terkesan gemuk. Berbeda dengan bentuk sepatu-sepatu lari kekinian yang cenderung ringan dan meruncing.

Nike telah mengumumkan akan mulai menjualnya pada 13 September 2019 lewat aplikasi pembelian daring juga gerai resmi terpilih. Mereka belum menentukan harga dasar. Namun, sebagai pertimbangan, edisi pertama Nike E.A.R.L Hyperadapt generasi pertama dijual AS$750 dan Hyperadapt BB dibanderol AS$350. Sebaiknya menyiapkan dana cukup dalam bila ingin memiliki Adapt Huarache.

Foto: Nike

Komentar