IBL

Sebagai ajang kompetisi basket 3x3 terbesar di Indonesia, Mainbasket 3x3 telah diadakan di beberapa kota besar di Indonesia. Kali ini, Kota Malang terpilih sebagai tempat penyelenggara. Event ini diadakan guna mendukung gelaran akbar Kickfest Malang 2019 di Lapangan Rampal. Event tahunan ini merupakan ajang kumpul anak muda yang terbilang besar dan diminati di Kota Apel tersebut.

Para peserta terbagi menjadi tiga kategori umur (KU): 15, 18, dan di atas 19 tahun atau umum. Total ada 40 tim berisi empat orang pemain yang berpartisipasi dengan jenjang pendidikan berbeda. Hadiah total Rp7 juta jadi bonus bagi mereka yang merengkuh gelar juara. Mereka juga mendapatkan pernak-pernik dari DBL Store dan kaus khusus Mainbasket 3x3 at Kickfest berwarna putih. Sementara para pengunjung bisa membelinya di booth DBL Store dengan warna berbeda.

Antusiasme sudah ditampilkan sejak rapat teknis sehari sebelumnya. Seluruh perwakilan tim hadir guna membicarakan peraturan pertandingan dan pembagian grup. Hanya tiga tim yang berhalangan hadir namun tetap menyetujui hasil pertemuan.

 Tahun lalu, Kickfest juga menyelenggarakan ajang serupa. Namun kini, Mainbasket hadir dengan peraturan dari FIBA 3x3 guna peningkatan kualitas kompetisi. Seluruh jadwal dan perkembangan klasemen tim di grup telah terkoneksi dengan situs resmi FIBA. Memaksimalkan fasilitas dari Federasi Basket tersebut dapat mempermudah para peserta mengecek jadwal tanding dari mana pun.

Christian Yuda, salah seorang peserta kategori umum, mendaku bersemangat. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) itu juga membawa misi besar. “Saya tahun lalu adalah pemenang kompetisi. Kali ini, misi saya dan tim adalah mempertahankan gelar,” tutur Yuda pascagim. Ia dan tiga rekannya sukses mencuri kemenangan dengan skor 9-4.

Yuda mengapresiasi diadakannya Mainbasket 3x3 at Kickfest. Baginya, ajang ini bisa menyaring dan mengumpulkan bakat-bakat terpendam di Malang. “Senang ajang seperti ini diselenggarakan. Lebih senang lagi saya bisa ikut bertanding. Kebanyakan event sejenis diadakan di kota besar. Padahal, Malang punya bakat-bakat yang layak untuk disaksikan,” pungkasnya. Perbedaan paling utama, lanjutnya, adalah adanya pengkategorian umur sehingga ia pemetaan pemain lebih luas dan beragam.

Kompetisi ini didukung pula dengan DBL Store dan Mainbasket yang membuka gerainya di dekat lapangan. Di sana, retail basket milik PT DBL Indonesia itu menjajakan bermacam aksesoris basket mulai dari kaus, hoodie, sepatu, topi, dan akssesoris lainnya. Dapatkan diskon khusus bila Anda berbelanja selama gelaran Kickfest 2019 di Kota Malang, 6-8 September 2019. (ajb)

Komentar