IBL

Tim pelatih DBL Academy hadir untuk memimpin acara pembuka "Mainbasket Bareng KFC" di Surabaya hari ini berupa Latihan Singkat (Coaching Clinic). Ialah pelajar SDN Kaliasin 1 Surabaya yang berkesempatan menjadi peserta. Kegiatan berdurasi dua jam itu berlangsung dengan penuh keriangan.

Siswa-siswi yang berjumlah 40 anak itu diambil hanya dari para peserta ekstrakulikuler basket, dengan rentang kelas tiga hingga enam. Matahari yang terik tidak menyurutkan antuasisme mereka untuk mengikuti dan mempraktekkan segala arahan dari pelatih.

Teknik-teknik fundamental yang diajarkan di antaranya melantun, umpan, dan menembak. Sebagian tampak mulai menguasainya. Namun, tak jarang ada yang gagal melakukannya hingga harus mengulanginya beberapa kali. Porsi latihan fisik ringan juga diberikan sebagai modal latihan untuk meningkatkan kapasistas fisik mereka.

Bagian paling menantang bagi calon penerus bangsa itu adalah saat diberikan gim tantangan. Selain untuk mencairkan suasana, kegiatan bersenang-senang ini bisa meningkatkan kebersamaan.

Porsi latihan yang disajikan membuat para peserta merasa gembira. Hal itu disampaikan salah satu peserta setelah mengikuti rangkaian Coaching Clinic. “Senang sekali bisa ikut berlatih di sini. Para Coach mengajak kita bermain terus,” tutur Akbar Zeva, siswa kelas enam yang jadi salah satu peserta.

Sementara bagi para Coach, melatih siswa-siswi SD punya daya tarik tersendiri. Hal itu disampaikan Muhammad Hidayatullah Al-Muslim, salah satu pelatih tamu DBL Academy yang ikut turun di kegiatan ini. “(Melatih anak-anak) harus diselingi dengan permainan agar tetap menjaga semangat mereka. Supaya tidak bosan juga. Berbeda dengan melatih pebasket yang lebih dewasa di mana kita harus menyusun porsi latihan yang berfokus pada teknik dan peningkatan kapabilitas fisik,” pungkasnya.

Bambang Kodikiantoro, guru olahraga sekaligus Pembina ekstrakulikuler basket SDN Kaliasin 1 Surabaya, mendaku mengapresiasi kegiatan ini. Ia menjabarkan bahwa anak asuhnya bersemangat mengikuti segala kegiatan. “Mereka tampak bersenang-senang. Biasanya mereka suka mengeluh kalau latihan di bawah terik matahari. Lain dengan hari ini,” cerita Bambang.

Mainbasket Bareng KFC resmi dibuka hari ini, 8 Februari 2020. Menggunakan slogan #sabtudiKFC, liga basket pelajar dan mahasiswa tiga lawan tiga ini hasil kerjasama antara PT DBL Indonesia dengan KFC Indonesia. Tempat penyelenggaraan di antaranya adalah Surabaya, D.I Yogyakarta, dan Jakarta. Durasi penyelenggaraan adalah selama setahun penuh dan diprediksi akan menyajikan hingga 1000 pertandingan. (ajb)

Komentar