IBL

Dirk Nowitzki memutuskan pensiun dari dunia bola basket pada 2018-2019. Namun, kecintaannya pada olahraga itu tidak pernah pudar. Nowitzki bahkan bersedia menjadi duta Piala Dunia 2019.

Bekas pemain Dallas Mavericks itu mengungkapkan bahwa kariernya telah berakhir. Ia kini punya peran lain di luar lapangan. Menurutnya, dengan menjadi duta Piala Dunia, ia bisa membantu bola basket berkembang di dunia internasional.

“Saya telah sukses besar dalam kompetisi FIBA dan selalu menyenangkan berkompetisi di level tertinggi, jadi ketika mereka mendekati saya untuk melihat apakah saya ingin melakukan ini, tentu saja saya ikut,” kata Nowitzki per Alex Squadron, Slam Online.

“Menumbuhkan permainan secara internasional, menumbuhkan permainan di sini di Cina—ada beberapa penggemar yang luar biasa di sini—dan kita memiliki beberapa atlet terbaik (di sini sekarang untuk Piala Dunia), jadi itu pasti akan jadi beberapa minggu yang menyenangkan. Mudah-mudahan, kita bisa menumbuhkan olahraga ini lebih banyak lagi.”

Nowitzki sendiri merupakan salah satu pemain internasional terbaik. Kiprahnya di NBA sangatlah hebat. Nowitzki bahkan telah menancapkan dirinya dalam sejarah besar liga tersohor sedunia tersebut. Rekor-rekornya selama bermain di sana menjadi catatan penting NBA.

Nowitzki juga sempat menjadi juara pada 2011. Ia berhasil mengantarkan Mavericks mengalahkan Miami Heat. Padahal Heat saat itu diperkuat trio LeBron James, Dwyane Wade, dan Chris Bosh.

Nowitzki juga berada di jajaran 10 besar pencetak angka terbanyak sepanjang masa. Ia berada di peringkat enam dengan total poin 31.560. Nowitzki berada tepat di bawah Michael Jordan yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa.  

Setelah pensiun, Nowitzki hanya tinggal mengenang semua itu. Ia pernah berjuang di level tertinggi dan mendapatkan banyak hal dari sana. Sekarang ia mesti menularkan semangat itu ke seluruh penjuru dunia. Salah satunya lewat Piala Dunia 2019. (put)

Foto: NBA

Komentar