IBL

Amerika Serikat bertemu dengan Republik Ceko di pertandingan pertama mereka Piala Dunia 2019. Tim nasional Negeri Paman Sam itu berhasil menaklukkan lawan dengan skor 88-67. Donovan Mitchell, garda andalan Utah Jazz, menjadi pencetak poin terbanyak di Shanghai Oriental Sports Center, Shanghai, Cina, Minggu 1 September 2019.

Mitchell mengumpulkan 16 poin dalam empat kuarter. Harrison Barnes membantunya dengan 14 poin. Kemba Walker menambahkan 13 poin. Jayson Tatum 10 poin.

Ceko mendapat sokongan dari Tomas Satoransky. Sang garda mencetak 17 poin dan 5 asis. Jaromir Bohacik dan Vojtech Hruban kemudian membantunya dengan masing-masing 13 poin.

Amerika Serikat bertarung sengit dengan Ceko di kuarter pertama. Sang juara bertahan sempat tertinggal sampai akhirnya asis Walker kepada Derrick White membuat mereka unggul. Amerika Serikat unggul tipis 17-14.

Amerika Serikat kemudian memperlebar jarak di kuarter dua. Mitchell memimpin timnya untuk mencetak 26 poin di kuarter itu. Sementara Ceko tertahan di angka 15 poin. Amerika Serikat pun unggul 43-33.

Selama dua kuarter, tiga pemain Negeri Paman Sam tampak produktif. Walker mengoleksi delapan poin. Barnes di belakangnya dengan tujuh poin. Tatum sedikit di atas mereka dengan 10 poin.

Di sisi lain, Ceko bertumpu pada Satoransky. Garda anyar Chicago Bulls itu mengoleksi 10 poin. Hruban membantunya dengan delapan poin. Namun, itu belum cukup untuk menggulingkan Amerika Serikat.

Tim asuhan Kepala Pelatih Gregg Popovich itu terus berada di atas angin sampai akhir pertandingan. Mereka unggul 23-19 di kuarter tiga dan 22-19 di kuarter empat. Mitchell menjadi momok bagi pertahanan Ceko. Tim asal Eropa itu sendiri tidak sempat menyusul Amerika Serikat. Mitchell dkk. pun menutup pertandingan dengan skor 88-67.

Amerika Serikat akan kembali tampil lusa. Mereka mesti melawan Turki di pertandingan kedua. Setelah itu melawan Jepang dua hari kemudian. (put)

Foto: FIBA

Komentar