IBL

Zaza Pachulia kembali ke Golden State Warriors. Kali ini dengan peran berbeda. Jika dulu ia datang sebagai pemain, kini ia datang sebagai konsultan. Warriors merekrutnya untuk memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat kepada tim.

Tim asal Bay Area itu mengumumkan kerja samanya dengan Pachulia pada Kamis, 29 Agustus 2019 waktu setempat. Pengumumannya muncul bersamaan dengan perubahan jabatan dalam organisasi, termasuk seluruh jajaran pelatih di bawah komando Kepala Pelatih Steve Kerr. Pachulia masuk sebagai konsultan, sementara Mike Dunleavy Jr. naik jabatan menjadi asisten manajer umum.

“Saya sangat senang dan tidak sabar untuk bekerja,” kata Pachulia seperti dikutip NBA.com. “Itu akan menjadi proses yang menyenangkan.”

Pachulia sendiri sempat bermain sebagai senter Warriors pada 2016—2018. Ia berjasa mengantarkan dua gelar juara dalam kurun waktu itu. Pachulia tampil dalam 139 pertandingan reguler dengan rata-rata 5,7 poin, 5,3 rebound, dan 1,7 rebound bersama Warriors.

Senter berkebangsaan Georgie itu kemudian berpisah dengan Warriors pada 2018. Pachulia bergabung dengan Detroit Pistons pada musim panas. Ia lalu membela tim itu selama semusim. Ia tampil dalam 68 pertandingan dengan rata-rata 3,9 poin, 3,9 rebound, dan 1,3 asis. Setelah itu ia hilang.

Pachulia baru muncul kembali dengan keputusan pensiun. Ia kemudian bergabung dengan Warriors sebagai konsultan. Pachulia akan menggunakan pengalamannya bersama Warriors untuk membantu mereka dari sisi lapangan musim depan. Ia akan bekerja mengurus bisnis dan operasional tim agar mereka bisa berjalan dengan baik. (put)

Foto: NBA

Komentar