IBL

Peluang Timnas Basket Putri Indonesia lolos ke semifinal Park's Cup Summer League pupus setelah kalah 65-86 atas BNK Sum, Rabu 28 Agustus 2019. Indonesia hanya mengumpulkan satu kemenangan dari empat laga. Namun Indonesia masih bisa memperpanjang nafas di turnamen ini. Sebab, kekalahan Gimcheon Siching atas KEB Hanabank membuat Indonesia berada di peringkat ketiga.

Menghadapi tim sekelas BNK Sum, bukan hal mudah. Sebab mereka tim WKBL dan punya sederet pemain terbaik. Namun yang perlu diperhatikan tentu di turnamen ini mereka ingin lolos semifinal.

Di babak pertama, Indonesia tertinggal 32-45. Mereka tidak mampu mengejar ketertinggalan hingga akhir laga. Absennya Gabriel Sophia karena cedera membuat serangan Indonesia bertumpu pada Kimberly Louis dan Yuni Anggraeni saja. Kim mencetak 27 poin dan 16 rebound, sedangkan Yuni menambahkan 12 poin.

Penguasaan bola Indonesia pada pertandingan ini juga buruk. Mereka membuat 20 kali turnover. Sebaliknya, pemain BNK Sum menghasilkan 12 kali steal. Satu lagi yang membunuh Indonesia adalah akurasi tripoin lawan. BNK Sum mencetak 12 dari 34 percobaan tripoin. Lee Sohee memasukkan 3 dari 3 tripoin, dengan total poin di laga ini sebanyak 15 poin.

Menariknya, Indonesia tidak langsung pulang ke Surabaya. Mereka masih bertanding di Consolation Games. Ini adalah pertandingan untuk tim peringkat tiga dan empat di masing-masing grup yang akan memperebutkan peringkat kelima.

Setelah Indonesia kalah melawan BNK Sum, ternyata Gimcheon Siching juga kalah dari KEB Hanabank, 60-89. Artinya, ada tiga tim di Grup A yang sama-sama mengumpulkan satu kemenangan, yaitu Indonesia, Gimcheon, dan Samsunglife. Setelah dihitung poinnya, maka Indonesia dan Gimcheon yang bisa ikut Consolation Games.

Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Shinhan Bank pada Jumat 30 Agustus 2019, pukul 08.00 WIB. (tor)

Foto: Dokumentasi Timnas Basket Putri Indonesia

Komentar