IBL

Timnas Basket Putri Indonesia sudah berada di Korea Selatan untuk mengikuti 2019 Park's Cup Summer League, yang berlangsung 24-31 Agustus. Awalnya turnamen tersebut diikuti tim dari empat negara yaitu Indonesia, Jepang, Taiwan, dan tuan rumah Korea Selatan. Namun sehari sebelum turnamen dimulai ada perubahan peserta. Tim dari Jepang dan Taiwan batal ikut

Menurut Christopher Tanuwidjaja selaku manajer timnas putri Indonesia, perubahan peserta mendadak terjadi sebelum turnamen dimulai. Dua tim dari Jepang batal ikut karena hubungan bilateral kedua negara (Jepang dan Korea Selatan) memanas. Sementara satu tim dari Taiwan tidak ikut turnamen karena memang lokasi pertandingan yang jauh dari pusat kota.

"Kalau tim Taiwan itu sebelumnya sudah berada di Korea Selatan untuk mengikuti sebuah turnamen. Baru saja selesai. Sehingga mereka memutuskan untuk tidak ikut Park's Cup ini. Mereka juga batal ikut karena jarak Seoul dan lokasi Park's Cup sangat jauh. Sokcho Gymnasium itu sekitae 3-4 jam perjalanan darat dari Seoul. Tidak ada bandara, sehingga harus naik bus," katanya.

Mundurnya tiga peserta ini tidak menyurutkan antusiasme Timnas Putri Indonesia untuk tetap mengikuti turnamen tersebut. Sebab, tim penggantinya juga berkualitas. Rata-rata mereka dari WKBL atau liga putri tertinggi di Korea Selatan.

Berikut sembilan tim peserta 2019 Park's Cup Summer League:
-. WKBL: Samsunglife, Shinhanbank, Wooribank,BNK Sum, KB Stars, KEB Hanabank.
-. Korea Semi-pro: Gimcheon Sichung
-. Korea University Select Team
-. Indonesia National Team

Format turnamen menggunakan setengah kompetisi. Di babak penyisihan, mereka dibagi menjadi dua grup. Indonesia berada di Grup A bersama BNK Sum, KEB Hanabank, Samsunglife, dan Gimcheon Sichung. Sedangkan di Grup B ada KB Stars, Wooribank, Shinhanbank, dan Univ. Select Team. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan masuk semifinal.

Jadwal Pertandingan Penyisihan Timnas Putri Indonesia di 2019 Park's Cup Summer League:
1. Indonesia Vs. Samsunglife - Sabtu, 24 Agustus 2019 (12.00 WIB)
2. Indonesia Vs. Gimcheon Sichung - Senin, 26 Agustus 2019 (10.00 WIB)
3. Indonesia Vs. KEB Hana - Selasa, 27 Agustus 2019 (10.00 WIB)
4. Indonesia Vs. BNK Sum - Rabu, 28 Agustus 2019 (10.00 WIB)

(tor)

Foto: wkbl.or.kr

Komentar